Bookmark and Share

BERITA

PENGARUSUTAMAAN GENDER BIDANG LHK

01 November 2018, 14:29:49 - Berita - Hits : 33 - Posted by shodiq
PENGARUSUTAMAAN GENDER BIDANG LHK

Yogyakarta (1/11/2018), Peserta diajak untuk merefleksikan apa yang diketahui sebelum materi Pengarustamaan Gender dimulai. Ada yang menyebutkan bahwa gender itu setara. Ada yang menuliskan bahwa gender adalah perbedaan peran atau tugas antara laki-laki dan perempuan, maka pertanyaannya apa itu tugas perempuan dan tugas laki-laki. Hal ini semua asumsi peserta yang telah tertulis pada setiap kertas yang telah disediakan panitia tentang gender di bahas oleh Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti, M.Si.

Ismi memberikan pemahaman perbedaan  antara gender dengan seks. “Seks adalah given, gender adalah konstruksi sosial budaya. Itu merupakanclue-nya. Melahirkan itu given sama dengan seks. Contoh peran bisa dilakukan perempuan dan laki-laki? Memasak, menyuci, berbagai profesi, merawat anak. Itu adalah peran yang bisa dilakukan baik perempuan dan laki-laki, itulah yang dikenal sebagai GENDER. Namanya peran gender”.
Acara yang diselenggarakan di Gd. Sarwono Lt.1 di berlangsung tanggal 1 – 2 November 2018, dengan difasilitatori oleh Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa bersama Pokja PUG KLHK yang diwakili oleh Ernawati. Dengan dihadiri dari UPT, BPKH, BPDAS, TNGM dan peserta dari p3ejawa dengan diwakili dari masing masing bidang dan bagian.

Sumartina selaku pembuka acara berharap agar Esensi PUG (Pengarusutamaan gender) agar tidak lagi membias dari pemahaman kita semua, “kemungkinan masih bias pemahaman, emansipasi dan seterusnya, sehingga bisa belajar melalui sosialisasi dan bimbingan teknis. Makna PUG itu apa sih, berikutnya tujuan meningkatkan SDM kapasitas dan peran, ingin target teman-teman UPT P3E maksimal ketika merencanakan program atau kegiatan, kaitan dengan anggaran, SDM dan sarpras”.


Ada Sub Pokja diresmikan SK Kepala P3EJ pada bulan September. Ada beberapa terkait rencana PUG kedepan, sosialisasi dan bimtek ini sejatinya merupakan bentuk komitmen, kedua media komunikasi dan edukasi bentuknya leaflet, buku, moduling, videotron sebagai bentuk edukasi ke masyarakat dan juga kita sebagai bentuk komitmen. Ketiga perlu pemantauan dan evaluasi, setelah kegiatan melaporkan. Sekilas tentang PUG sebagai refreshment.

Sosialisai PUG merupakan peraturan MENLHK No 31 Tahun 2017 tentang pedoman pengarusutamaan gender. Yang sekaligus dilakukan Bimbingan Teknis PPRG. Hal ini merupakan refresment yang dahulu sempat di KLH sedikit terlibat di PUG pada tahun 2000 dengan regulasi 09/2000 tentang PUG.(sdq)


Banner
  • #AkuKamuKitaSemuaPeduliLingkungan
  • e-IKLH
  • PPID
  • Pengaduan Menteri LHK
  • APRS Yogyakarta
  • Asian Games Jakarta Palembang 2018
  • Pertikawan 2018
 
Hubungi Kami

ppejawa.com
Jl. Siliwangi (Ringroad Barat) No.100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
Phone : 0274-625800
Email : forum.ppejawa@gmail.com

 
Jajak Pendapat

Apa yang anda cari?

 Artikel
 Lainnya
 Agenda

Hasil Poling »

 
Statistik Kunjungan
 
Video
 
Facebook
 
Copyright © 2015 P3E Jawa All Rights Reserved.