Bookmark and Share

BERITA

Pembukaan Pertikawan Regional Jawa 2018

17 Oktober 2018, 11:09:32 - Berita - Hits : 478 - Posted by shodiq
Pembukaan Pertikawan Regional Jawa 2018

Yogyakarta, P3E Jawa, Perkemahan Saka Kalpataru dan Saka wanabakti (Pertikawan) diregional jawa 2018 dilaksanakan di Bumi Perkemahan Taman Tunas Wiguna, Babarsari, Depok, Sleman Yogyakarta.

Pramuka adalah ujung tombak pembangunan karakter bangsa, mempersiapkan kader muda bagi masa depan. Sebagaimana pesan Presiden RI pada Peringatan Hari Pramuka Tahun 2017, bahwa Gerakan Pramuka harus melakukan terobosan. Jangan berpikir linier, jangan terjebak dengan cara-cara rutinitas dan monoton. Kita harus mendidik anggota pramuka bukan saja latihan baris-berbaris, cara membangun tenda, atau membuat simpul tali saja. Tapi juga harus memandu pramuka dalam disiplin menggunakan teknologi, misalnya media sosial yang positif dan yang produktif.

Bambang Hendroyono selaku Pinsaka Kalpataru dan Saka Wanabakti mewakili Menteri LHK saat memimpin upacara pembukaan PERTIKAWAN Ekoregion Jawa 2018 mengajak para Pramuka untuk dikembangkan dengan cara kreatif dan kekinian, sebagaimana perkembangan tekhnologi saat ini. Hal ini untuk mengikuti pola-pola baru kehidupan ketika disruptif teknologi (disruptive technology) hadir begitu cepat dan mengancam kemapanan yang telah ada saat ini. "Gerakan Pramuka harus memakai cara-cara kreatif, cara-cara kekinian, cara-cara yang lebih dekat dengan generasi millenial. Jadilah Generasi Milenial Ramah Lingkungan".

Bambang menambahkan bahwa saat ini masalah lingkungan hidup dan kehutanan semakin beragam. Menciptakan generasi muda yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan dan hutan merupakan salah satu solusi untuk mengatasinya. Gerakan Pramuka dapat dijadikan ujung tombak pembangunan karakter generasi muda ramah lingkungan.

Diharapkan melalui kegiatan PERTIKAWAN ini, para pramuka akan menjadi pioner dan tauladan yang menerapkan prinsip hidup ramah lingkungan hingga ke generasi berikutnya. Mulailah dari diri sendiri, dan mulailah dari saat ini. Saya minta tekad kita bersama untuk menjaga lingkungan dan hutan.(sdq)

Penanggung jawab berita:
Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Tags : pertikawan

Banner
  • #AkuKamuKitaSemuaPeduliLingkungan
  • e-IKLH
  • PPID
  • Pengaduan Menteri LHK
  • APRS Yogyakarta
  • Asian Games Jakarta Palembang 2018
  • Pertikawan 2018
 
Hubungi Kami

ppejawa.com
Jl. Siliwangi (Ringroad Barat) No.100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
Phone : 0274-625800
Email : forum.ppejawa@gmail.com

 
Jajak Pendapat

Apa yang anda cari?

 Artikel
 Lainnya
 Agenda

Hasil Poling »

 
Statistik Kunjungan
 
Video
 
Facebook
 
Copyright © 2015 P3E Jawa All Rights Reserved.