Bookmark and Share

BERITA

Bersih Sampah Percantik Tlogo Muncar

15 Maret 2018, 10:14:56 - Berita - Hits : 492 - Posted by shodiq
Bersih Sampah Percantik Tlogo Muncar

Yogyakarta (p3ejawa.menlhk.go.id), Kesejukan Tlogo Muncar memang tidak diragukan lagi, salah satu rangkain setelah melakukan senam pada tanggal 14 maret 2018, adalah “Bersih Sampah”. Didalam pemungutan sampah dilakukan secara berkelompok sesuai dengan UPT atau instansi masing-masing.

P3E Jawa mencoba mengikuti kegiatan bersih sampah tersebut dengan menghadirkan peserta sejumlah 75 peserta dari 260 pesrta yang hadir. Dengan di promotori oleh bagian Tata Usaha. Sampah yang dibersihkan dimulai dari lingkungan seputar warung-warung sebelum pintu masuk Tlogo Muncar. “P3e jawa memandang seputaran lingkungan warung menjadi perhatian khusus karena sebagai garda pertama sebelum memasuki wisata tlogo muncar harus menampilkan kesan kebersihannya”, Sebagaimana dituturkan oleh sustina siwi dalam mengawal kawan kawan dari p3e Jawa.

Setelah seputaran warung sebelum pintu masuk, kemudian dilanjutkan memasuki kawasan lokasi wisata yang berada di Taman Nasional Gunung Merapi tersebut. Selangkah demi selangkah peserta P3E Jawa menusuri jalanan sambil memungut sampah, selain menciptakan suasana kebersihan lingkungan, peserta juga berharap mendapatkan doorprice dengan banyaknya sampah yang telah di pungut. Hal ini sesuai yang telah disampaikan panitia TNGM pada saat memandu “Setelah senam dilanjutkan pemungutan sampah sesuai dengan upt masing-masing, didalam pemungutan sampah terbanyak, maka akan mendapatkan doorpice”.

Setelah sampah dikumpulkan, maka dapat dijadikan bahan dalam materi sosialisi pengelolaan sampah oleh Sugeng Wachyono dari P3E Jawa. “didalam menangani sampah perlu diperhatikan 3R, yaitu Reduce Reuse dan Recycle”. Dalam penjelasan kabat TU P3E Jawa tersebut selain tentang 3R, beliau juga menjelaskan tentang bagaimana cara pemanfaatan sampah sekitar menjadi pupuk, seperti sampah organik menjadi pupuk organik. Air “leri” yang dicampur dengan “bonggol pisang” dibuat menjadi pupuk cair.
(Sdq)

Tags : rimbawan

Banner
  • #AkuKamuKitaSemuaPeduliLingkungan
  • e-IKLH
  • PPID
  • Pengaduan Menteri LHK
  • APRS Yogyakarta
  • Asian Games Jakarta Palembang 2018
  • Pertikawan 2018
 
Hubungi Kami

ppejawa.com
Jl. Siliwangi (Ringroad Barat) No.100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
Phone : 0274-625800
Email : forum.ppejawa@gmail.com

 
Jajak Pendapat

Apa yang anda cari?

 Artikel
 Lainnya
 Agenda

Hasil Poling »

 
Statistik Kunjungan
 
Video
 
Facebook
 
Copyright © 2015 P3E Jawa All Rights Reserved.