Bookmark and Share

BERITA

Gerakan Aksi Untuk Lingkungan

25 Maret 2017, 15:06:06 - Berita - Hits : 535 - Posted by shodiq
Gerakan Aksi Untuk Lingkungan

GAUL "Earth Hour 2017" P3E Jawa

Yogyakarta (25/03) Gerakan Earth Hour 2017 dilakukan pada tanggal 25 Maret 2017 di seluruh dunia, aksi yang dilakukan dengan mematikan lampu dan peralatan elektronik pada jam 20.30 sampai dengan 21.30. Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa (P3E Jawa) mengambil peran di sana melalui gerkan aksinya yang diberi nama Gerakan Aksi Untuk Lingkungan (GAUL) karena memang Earth Hour itu milik siapa saja. Tahun ini, Earth Hour melibatkan 102 rumah karyawan, 1 bangunan gedung kantor, dan lebih dari 300 orang di dalamnya.

“Kabag Tata Usaha, saya minta agar satpam yang jaga piket malam ini untuk mematikan listrik selama 1 jam (20.30 s.d 21.30), berikan pemahaman kepadanya. Begitu juga dengan semua pejabat struktural dan staf jika memungkinkan lakukanlah pemadaman listrik sejenak nanti malam, mari kita mulai dari diri sendiri sebagai simbol kepedulian kita pada lingkungan dan perubahan iklim,” ujar Sugeng Priyanto, Kepala P3E Jawa melalui viralnya di salah satu grup media sosial yang dimilikinya.

GAUL #GerakanAksiUntukLingkungan merupakan sebuah cara yang dipilih oleh P3E Jawa untuk merayakan Earth Hour tahun ini. GAUL mengajak tiga ratus individu (keluarga karyawan) untuk menghentikan penggunaan listrik dan peralatan elektroniknya selama 1 jam malam ini dan dimulai di gedung kantor P3E Jawa yang beralamat di jalan ringroad barat no 100 sleman yogyakarta.

Pada malam switch-off, Gdedung P3E Jawa akan gelap dan hanya keperluan tertentu yang dibiarkan tetap menggunakan listrik. Dari kapasitas listrik yang terpasang daya sebesar 41.500 Watt, kantor P3E Jawa akan menggunakan daya listriknya pada saat aksi sebesar 5.000 Watt yang digunakan untuk keperluan peralatan komputer server dan peralatan laboratorium. “Sesuai petunjuk Bapak Kepala Kantor, malam ini kami akan mematikan 44 panel MCB dan hanya akan menyisakan 2 MCB yang tetap hidup, dari 2 MCB tersebut artinya kita hanya menggunakan 12% daya listrik yang terpasang atau sekitar 5.000 Watt untuk peralatan yang memang harus selalu menyala selama 24 jam yaitu server jaringan internet dan sebagian peralatan laboratorium yang kita miliki," ujar Kepala Bagian Tata Usaha, Sugeng Wachyono.

Lebih jauh, Sugeng Priyanto menyatakan dukungannya terhadap gerakan Earth Hour dan mengingatkan kepada seluruh karyawan P3E Jawa dan seluruh kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) se-Jawa (119 Kabupaten/Kota dan 6 Provinsi) untuk senantiasa menjaga bumi dan dimulai dari diri sendiri. "Nah, ingat nanti malam selama 1 jam (20.30-21.30) jangan sampai lupa matikan listrik, alat elektronik di sekitar kita ya!, selamat menjaga bumi," Ujar Bapak 2 anak ini.
Bahkan dia menegaskan "Mematikan listrik dan peralatan elektronik di sekitar kita memang situasiuasional, setidaknya malam ini kalo 125 kantor DLH yang ada di ekoregion jawa seluruhnya melakan hal yang sama seperti yang dilakukan kantor P3E Jawa, maka berapa Co2 yang dapat direduksi, berapa O2 yang dihemat dan dapat disetarakan berapa pohon yang ditanam," ungkap Sugeng Priyanto, Kepala P3E Jawa KLHK. sebagai akhir perbincangan kami, Sugeng Priyanto berpesan kepada seluruh karyawannya juga untuk mengajak kepada masyarakat yang ada di sekitar tempat tinggal masing-masing untuk berpartisipasi aktif memperingati Earth Hour 2017 malam ini. (SW)


Banner
  • Aku Kamu Kita Semua Peduli Lingkungan
  • #AkuKamuKitaSemuaPeduliLingkungan
  • Gerakan Aksi Untuk Lingkungan
  • #GAUL
  • Kebangkitan nasional 2017
  • HLH 2017
  • Semangat Kerja Bersama 17 Agustus 2017
 
Hubungi Kami

ppejawa.com
Jl. Ringroad Barat No.100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
Phone : 0274-625800
Email : forum.ppejawa@gmail.com

 
Jajak Pendapat

Apa yang anda cari?

 Artikel
 Lainnya
 Agenda

Hasil Poling »

 
Statistik Kunjungan
 
Video
 
Facebook
 
Copyright © 2015 P3E Jawa All Rights Reserved.