Bookmark and Share

BERITA

Gaung Hari Lingkungan di Kota Sang Proklamator

30 Agustus 2016, 16:20:46 - Berita - Hits : 275 - Posted by shodiq
Gaung Hari Lingkungan di Kota Sang Proklamator

Blitar ppejawa.Com (26/8). Peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) tahun 2016, tingkat Kab. Blitar berlangsung cukup meriah yang dihadiri langsung bupati Blitar—Bupati Dr.H.Riyanto, MM dan jajaran SKPD. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Idaman Hati, Wlingi, Kab. Blitar, 26—27 Agustus 2016.
 
Peringatan HLH dengan tema, Selamatkan Satwa Liar dan Tumbuhan untuk Kehidupan ini, mengacu pada tema yang diusung UNEP (United Nations Environment Programme) yaitu, Go Wild for Live. Peringatan HLH ini juga bersamaan dengan peringatan hari jadi Kab. Blitar yang 692, dan peringatan HUT Ri ke-71.

Bupati Dr.H.Riyanto, MM, dalam sambutanya,mengatakan, Indonesia saat ini tercatat sebagai rumah dari 17 persen spesies di dunia. Masalahnya, saat ini banyak spesies itu yang terancam kelestariannya akibat perburuan liar dan perdagangan bebas satwa liar. Untuk mencegah hal ini terjadi, pemerintah kab. Blitar memberlakukan larangan memburu binatang liar di desa.

Dalam sambutannya itu juga,orang nomor satu di Kab Blitar ini menyinggung soal Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) dan Penghargaan Adipura yang gagal diraih kab. Blitar tahun ini. Blitar, kata dia, harus bisa menjamin meningkatnya Indeks kualitas lingkungan terkait dengan udara bersih, air bersih, dan tutupan hutan yang memadai.

“Keberhasilan program lingkungan sangat bergantung peran serta masyarakat dan dunia usaha. Penghargaan Adipura adalah penghargaan tertinggi lingkungan. Walau tahun ini, penghargaan ini belum kita raih, namun ini harus menjadi cambuk untuk bekerja lebih keras lagi untuk meraih penghargaan ini,” ujar bupati Blitar ini.  

Sementara itu, Kepala BLH Kab. Blitar—Krisna Triatmanto dalam sambutannya, menyatakan, tujuan dari peringatan HLH ini untuk menggugah kesadaran lingkungan masyarakat akan pentingnya menjaga kelestraian lingkungan, khususnya kelestarian satwa liar dan tumbuhan demi keberlanjutan kehidupan di bumi.

Momen peringatan HLH ini juga diberikan penghargaan kepada beberapa perusahan yang telah menunjukkan kinerja lingkungan yang baik. Penghargaan itu diberikan pada PT PJB Unit Pembangkit Brantas PLTA Lodoya, PT Benteng Api Refractorindo, dan Rumah Sakit Media Utama Kab. Blitar.

Sementara untuk pemenang  lomba Desa Berseri 2016, diberikan kepada Desa Jatinom,kec. Kanigoro, Kelurahan Babadan, Kec Wlingi, dan Desa Minggirsari, Kec. Kanigoro.*** (Ys/Dn/Fn/Sh).


Banner
  • Aku Kamu Kita Semua Peduli Lingkungan
  • #AkuKamuKitaSemuaPeduliLingkungan
  • Gerakan Aksi Untuk Lingkungan
  • #GAUL
  • Kebangkitan nasional 2017
  • HLH 2017
  • Semangat Kerja Bersama 17 Agustus 2017
 
Hubungi Kami

ppejawa.com
Jl. Ringroad Barat No.100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
Phone : 0274-625800
Email : forum.ppejawa@gmail.com

 
Jajak Pendapat

Apa yang anda cari?

 Artikel
 Lainnya
 Agenda

Hasil Poling »

 
Statistik Kunjungan
 
Video
 
Facebook
 
Copyright © 2015 P3E Jawa All Rights Reserved.