Bookmark and Share

BERITA

Webinar Koordinasi dan Antisipasi Karhutla

25 Agustus 2020, 22:36:25 - Berita - Hits : 62 - Posted by admin-uut
Webinar Koordinasi dan Antisipasi Karhutla

Yogyakarta, Selasa (25/8/2020). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memprediksi, Juli hingga Desember 2020, kondisi sebagian wilayah di Indonesia, termasuk di

Ekoregion Jawa masih mengalami musim kemarau. Hal ini perlu diwaspadai karena  akan muncul titik-titik panas yang berpotensi terjadi kebakaran.

 

Sementara itu, berdasarkan data dan informasi Sipongi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), menunjukkan,  periode Juni sampai Juli 2020,  di Ekoregion Jawa terdeteksi akumulasi titik panas bulanan sebanyak 52 titik panas dan sebagian besar berada di wilayah kawasan hutan dan area   penggunaan lain.

 

Sekadar diketahui, sistem informasi Sipongi menjadi dasar untuk mencegah terjadinya karhutla melalui deteksi dini hotspot/titik panas, serta menjadi sumber informasi paling valid untuk masyarakat.

 

Nah, dalam rangka mewaspai dan mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan di Ekoregion Jawa tadi, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa (P3E Jawa) menggelar webinar secara virtual dengan tajuk, Antisipasi Kebakaran  Hutan dan Lahan di Ekoregion Jawa, Selasa (25/8/2020).

 

Webinar ini dipandu Ari Yuwono,S.Hut.M.Si, Kepa sub Bidang Hutan dan Hasil Hutan , P3E dengan pembicara Ir. R. Basar Manullang, MM, Direktur  Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Ikim (PPI) KLHK dan Haryo Pambudi, S.Hut, M.Sc,  Kepala Balai PPI dan Kebakaran Hutan Wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara (Jabalnusra) dan Jawa  Sugeng Wacyono, ST Kabid PPSDA LH, P3E Jawa.

 

Pada kesempatan ini, Plt Kepala P3E Jawa, Dr. Nur Sumedi, S.Pi, M.P, menyatakan, penanganan krisis dan kejadian kebakaran hutan harus melibatkan berbagai pihak, baik  dari unit teknis, kelompok masyarakat maupun dari unit penanganan  bencana.

 

 "Penanganan kebakaran harus dilakukan secara komprehensif dan  terkoordinasi. Untuk itulah, P3E Jawa memandang perlu untuk melakukan koordinasi dan Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan," tegas Nur Sumedi.

 

Untuk diketahui, salah satu tugas pokok yang melekat pada kepada P3E Jawa, yakni melakukan Pengendalian Pembangunan di Ekoregion Jawa. Dalam konteks itu maka antisipasi kebakaran hutan dan lahan menjadi salah satu tanggung jawab P3E Jawa dalam menjalankan fungsinya sebagai pengendali pembangunan di Ekoregion Jawa.

 

"Tentunya, ini sejalan dengan kegiatan yang  selama ini dilakukan P3E Jawa, yaitu memberikan dukungan kepada daerah dalam melakukan pengendalian pembangunan di daerahnya," lanjut Nur Sumedi.

Adapun dukungan itu, antara lain dukungan dalam penyusunan RPPLHD atau Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah, penyusunan Daya Dukung Daya Tampung LHK maupun IKPLHD  (Indikator Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah).

 

Berdasarkan dokumen tersebut, akan memuat rencana kebijakan adaptasi dan

mitigasi perubahan iklim, rencana aksi daerah tujuan pembangunan

berkelanjutan maupun indikator keberhasilanya yang akan tertuang dalam

target IKLH  (Indikator Kualitas Lingkungan Hidup).

 

Webinar sehari ini,  diikuti para Kepala DLH/K tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang ada di Ekoregion Jawa,  para Kepala BPBD (Badan Penanganan Bencana Daerah) tingkat provinsi se-Ekoregion Jawa, para Kepala Divisi Regional Perum Perhutani se-Ekoregion Jawa, dan

para Kepala Pusat/Balai/UPT KLHK.*


Banner
  • e-IKLH
  • PPID
  • Pengaduan Menteri LHK
  • APRS Yogyakarta
  • Asian Games Jakarta Palembang 2018
  • Pertikawan 2018
 
Hubungi Kami

ppejawa.com
Jl. Siliwangi (Ringroad Barat) No.100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
Phone : 0274-625800
Email : humasp3ejawa@gmail.com

 
Jajak Pendapat

Apa yang anda cari?

 Artikel
 Lainnya
 Agenda

Hasil Poling »

 
Statistik Kunjungan
 
Video
 
Facebook
 
Copyright © 2015 P3E Jawa All Rights Reserved.