Bookmark and Share

BERITA

Datangi Kantor P3E Jawa, Tim Teknis DLH Lumajang Bicarakan RPPLHD

24 Desember 2019, 13:05:45 - Berita - Hits : 144 - Posted by admin

Pada hari Jumat (22/11) plt. Kepala DLH Kabupaten Lumajang beserta tim teknisnya, secara khusus mendatangi Kantor Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa di Yogyakarta.

Usut punya usut, ternyata orang nomor satu di kantor DLH Lumajang itu mendatangi Kantor P3E Jawa  untuk mengajak kantor yang dipimpin oleh Ir. Edy Subagyo, MP untuk tetap mengawal sampai tuntas review dokumen teknis RPPLHD Kabupaten Lumajang yang  sedang digencarkan Tim Perencanaan P3E Jawa KLHK.

 

Plt Kepala DLH Kabupaten Lumajang Ir. Yuli Haris, mengatakan RPPLHD Lumajang sudah disusun pada tahun 2017 silam, namun dokumen yang semestinya menjadi dasar pemanfaatan sumberdaya alam di Lumajang sampai saat ini belum bisa dilaksanakan lantaran dokumen tersebut belum ditetapkan menjadi peraturan daerah.

 

“Ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah kabupaten Lumajang terhadap pelaksanaan undang-undang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup nomor 32 tahun 2009 khususnya pada ruang lingkup perencanaan.,” kata Plt Kepala DLH Lumajang Ir. Yuli Haris.

Dalam kunjungan tim teknis DLH Lumajang ke kantor P3E Jawa menurut Sugeng Wachyono, ST Kepala Bidang Perencanaan Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup P3E Jawa sempat dibicarakan beberapa hal, khususnya yang terkait dengan tahapan dan tata cara penyusunan RPPLHD. Salah satu targetnya agar pada tahun 2020 Lumajang sudah bisa menetapkan dokumen teknis rencana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup daerah (RPPLHD).

 

“Tak hanya dokumen teknis RPPLHD yang menjadi tujuan dari pendampingan yang akan dilakukan oleh P3E Jawa, tapi juga bicara soal pemanfaatannya. Misalnya penelaahan dokumen perencanaan pembangunan RPJP, RPJMD diintegrasikan sasaran, arah kebijakan, dan sasaran pokok pembangunan jangka panjang maupun jangka menengah Daerah dengan RPPLH,” kata Sugeng.

Sugeng menambahkan bagaimana Permendagri nomor 86 tahun 2017 secara komprehansip dapat dilakukan baik dokumen RPPLHD maupun dokumen Kajian Lingkungan Hidup Srategis (KLHS) RPJMD maupun KLHS Tata Ruang..

 

Bahkan P3E Jawa berencana juga melakukan percepatan penyusunan dokumen RPPLHD tingkat provinsi maupun kabupaten di wilayah  ekoregion jawa, mengingat dari data yang ada baru tersusun 12% dari total dokumen yang mestinya ada.

 

“Sempat ada ide sekaligus harapan bahwa pada tahun 2020 nanti di wilayah ekoregion jawa ini akan dilaksanakan pilkada serentak di 55 kabupaten/kota, sehingga daerah tersebut setelah itu tentunya harus menetapkan RPJMD yang sudah didahului dengan penyusunan dokumen KLHS. Namun demikian bagaimana proses penelaahan dokumen perencanaannya tersebut agar dilakukan dengan pengintegrasian terhadap RPPLHD sesuai amanat pasal 160 permendagri 86 tahun 2019. Hal inilah yang perlu dilakukan secara cepat penyusunan dokumen teknis RPPLHD di 55 daerah tersebut.: Ujar Sugeng kemudian. (GSW)


Banner
  • e-IKLH
  • PPID
  • Pengaduan Menteri LHK
  • APRS Yogyakarta
  • Asian Games Jakarta Palembang 2018
  • Pertikawan 2018
 
Hubungi Kami

ppejawa.com
Jl. Siliwangi (Ringroad Barat) No.100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
Phone : 0274-625800
Email : humasp3ejawa@gmail.com

 
Jajak Pendapat

Apa yang anda cari?

 Artikel
 Lainnya
 Agenda

Hasil Poling »

 
Statistik Kunjungan
 
Video
 
Facebook
 
Copyright © 2015 P3E Jawa All Rights Reserved.