Bookmark and Share

BERITA

Pertikawan Nasional 2019 Muda berkarya, Indonesia Sejahteraa

24 Desember 2019, 13:03:01 - Berita - Hits : 106 - Posted by admin

Pertikawanan Nasional 2019 dibuka langsung Menteri LHK di dampingi oleh Wakil Menteri LHK, beserta para pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama lingkup KLHK. Turut hadir pada pembukaan Pertikawan 2019 perwakilan Kementerian Lembaga terkait, Perwakilan Pamong Saka, dan Ketua Kwartir Daerah Seluruh Indonesia.

 

Tujuan utama dalam kegiatan Pertikawan Nasional ini yakni :

1) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota saka kalpataru dan saka wanabakti. 2) meningkatkan persaudaraan anggota Gerakan Pramuka.

3) meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan hidup dan bermasyarakat.

 

Upacara Pembukaan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) tingkat Nasional Tahun 2019 dilaksanakan, Selasa 19 November 2019 mulai pukul 09.00 WIB bertempat di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur

 

Bertindak sebagai Pembina upacara adalah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kak Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. Selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Nasional.

 

Pesan Menlhk kepada seluruh peserta Pertikawan Nasional 2019 tentang pentingnya penggerak dalam penyelesaian masalah-masalah lingkungan yang ada di Indonesia dan Dunia Global oleh gerakan pramuka.

 

Masalah lingkungan hidup yang sedang dihadapi antara lain adalah polusi, perubahan iklim, over populasi, penipisan sumber daya alam, sampah dan limbah, kepunahan keanekaragaman hayati, deforestasi atau penggundulan hutan, fenomena pengasaman laut, penipisan lapisan ozon, hujan asam dan rekayasa genetika.

 

Diharapan kepada Anggota Pramuka untuk menjadi Green Actor di Indonesia, dengan membuktikan diri dalam kegiatan Pertikawan Nasional melalui beberapa sub kegiatan

  1. Membawa Tas Belanja.
  1. Membawa Tumbler/ botol minum sendiri.
  2. Membawa sendok garpu sedotan ramah lingkungan sendiri.
  3. Membawa Tas untuk mengantongi sampah yang ditemukan di jalan.
  4. Mengetahui 17 SDGs.
  5. Mendukung Dasa Karya Gerakan Pramuka. Sebagai langkah nyata Green Actor

 

Secara sederhana, Menteri LHK mengajak para anggota Pramuka untuk memulai melindungi lingkungan dari hal yang kecil seperti pengurangan sampah terutama sampah plastik. Kepada peserta dan pengunjung diharapkan untuk tidak menggunakan peralatan plastik sekali pakai, seperti kantong plastik, styrofoam dan sedotan plastik, serta menerapkan pengelolaan sampah yang baik di seluruh bumi perkemahan.

 

Selain dalam hal pengelolaan sampah, Menteri juga meminta agar semua anggota Pramuka untuk turut serta menanam minimal 25 pohon seumur hidup. Rinciannya adalah 5 pohon sewaktu di Sekolah Dasar, 5 pohon saat Sekolah Menengah Pertama, 5 pohon Sekolah Menengah Atas, 5 pohon ketika di bangku kuliah dan 5 pohon sewaktu menikah.

Menteri LHK dalam sambutanya juga meyakini, anggota pramuka Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti adalah generasi yang unggul, generasi yang hebat, generasi yang kreatif, dan generasi petarung. Oleh karena itu, Menteri Siti meminta untuk terus berkreasi, berkarya dalam wadah Gerakan Pramuka. "Melalui kegiatan Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti, isilah waktu muda kalian dengan kegiatan yang positif dan produktif,".

 

Dalam rangkaian upacara pembukaan ini juga terdapat atraksi marching band dari SMK Kehutanan Kadipaten, Senam GNPDAS, koreo paper mob yang membentuk logo Kementerian lingkungan Hidup dan Kehutanan, logo kegiatan, dan maskot kegiatan.

 

Selain itu, penyajian Senam GNPDAS ini ditujukan untuk memecahkan rekor muri Senam GNPDAS dengan peserta terbanyak.

Setelah Kegiatan upacara pembukaan dilanjutkan dengan Kegiatan Festival Kuliner. Pada kesempatan kali ini, Dalam festival tersebut, seluruh penyajian merupakan merupakan ciri khas dari para kontingen daerah masing-masing. (GSW)


Banner
  • e-IKLH
  • PPID
  • Pengaduan Menteri LHK
  • APRS Yogyakarta
  • Asian Games Jakarta Palembang 2018
  • Pertikawan 2018
 
Hubungi Kami

ppejawa.com
Jl. Siliwangi (Ringroad Barat) No.100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
Phone : 0274-625800
Email : humasp3ejawa@gmail.com

 
Jajak Pendapat

Apa yang anda cari?

 Artikel
 Lainnya
 Agenda

Hasil Poling »

 
Statistik Kunjungan
 
Video
 
Facebook
 
Copyright © 2015 P3E Jawa All Rights Reserved.