Bookmark and Share

BERITA

Menanam Untuk Menjaga Merapi

23 Desember 2019, 15:02:38 - Berita - Hits : 299 - Posted by

p3ejawa.menlh.go.id. Setiap tanggal 28 November dan Desember ditetapkan Presiden RI, sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). Dalam rangka memperingati HMPI tahun 2019, Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) melakukan kegiatan penanaman di lokasi bekas kebakaran hutan di areal hutan Gentong, Kecamatan Srumbung, TNGM, Minggu (22/12).

Sebagaimana diketahui, hutan Getong pada Agustus hinga Oktober lalu, terjadi empat kali peristiwa kebakaran hebat yang menyebabkan 332 ha hutan pinus hangus dilahap ‘si jago merah’.

Penanaman ini melibatkan 800 orang yang terdiri dari relawan pencinta alam, instansi terkait, mitra TNGM, mahasiswa (Instiper Intan), anak sekolah (pesantren), Saka Wanabakti. Hadir dalam kegiatan ini, anggota Komis IV bidang kehutanan DPR-Ri—Vita Ervina, SE, dari PDIP.

Setidaknya1200 bibit pohon ditanam hari itu. Jenis pohon yang ditanam itu, antara lain pronojiwo, salam, pasang, barasan, gayam, dan pule. Kegiatan penanaman ini awali dengan upacara pembukaan dipimpin Dandim Magelang. Upacara dilakukan di lokasi titik kumpul Objek Wisata Alam (OWA) Jurang Jero, salah satu destinasi wisata di Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Dandim Magelang, menyampaikan, menyambut baik kegiatan ini. Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan mulia karena yang menikmatinya nanti adalah anak cucu kita.

“Saya berharap, kegiatan yang mulia ini dengan sungguh-sungguh dan iklas kita lakukan,”katanya.

Sementara itu, Ir. Pujiati selaku Kepala Balai TNGM, dalam keterangan persnya, menyampaikan, bahwa melalui kegiatan ini ia mengajak seluruh komponen masyarakat yang peduli terhadap kelestarian kawasan TNGM, mulai dari anak-anak sekolah, pencinta alam, relawan, dan kelompok masyarakat serta intansi terkait baik pemerintah maupun swasta ikut menanam sebagai wujud kepedulian terhadap kelestaraian kawasan hutan Gunung Merapi dan segala potensi yang dimiliknya.

Senada dengan Pujiati, anggota Komisi IV DPR-RI—Vita Ervina dari PDIP, mengatakan, sangat mendukung kegiatan penanaman kembali di hutan Gentong, Kecamatan Srumbung ini.

“Saya menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini. Harapan saya, kejadian-kejadian yang terjadi di Taman Nasonal Gunung Merapi ini tidak beberapa waktu lalu terjadi lagi, “ ujar Vita Ervina saat ditemui di lokasi kegiatan.

Lebih lanjut ia mengatakan, Komisi IV DPR-RI saat ini menginisiasi untuk melakukan membahas RUU terkait dengan Pencehan Hutan dan Lahan. Harapannya RUU ini bisa segera selesai karena sudah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2020.

Kegiatan penanaman ini dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian tradisonal, seperti pergelaran kesenian Jathilan sebagai salah satu upaya mempromosikan OBW Jurang Jero ke masyarakat luas, sebagai salah satu destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi di Yogayakarta.*
(Maya dan Yus)


Banner
  • e-IKLH
  • PPID
  • Pengaduan Menteri LHK
  • APRS Yogyakarta
  • Asian Games Jakarta Palembang 2018
  • Pertikawan 2018
 
Hubungi Kami

ppejawa.com
Jl. Siliwangi (Ringroad Barat) No.100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
Phone : 0274-625800
Email : humasp3ejawa@gmail.com

 
Jajak Pendapat

Apa yang anda cari?

 Artikel
 Lainnya
 Agenda

Hasil Poling »

 
Statistik Kunjungan
 
Video
 
Facebook
 
Copyright © 2015 P3E Jawa All Rights Reserved.