Bookmark and Share

BERITA

P3E Jawa akan melakukan Transformasi Jabatan

24 Desember 2019, 13:34:36 - Berita - Hits : 93 - Posted by fery

Sleman (ppejawa.com), Di  Gedung Sarwono (20/12/2019), berlangsung sosialisasi penyesuaian struktur organisasi dan transformasi, jabatan administrator/pengawas ke jabatan fungsional dalam rangka pembinaan pegawai.

Acara dihadiri oleh Aba Subagja dari Asdep Standarisasi Jabatan dan pengembangan karier SDM Aparatur dari Menpan, Dirjend PPKL KLHK, serta selain pegawai p3e jawa, juga dihadiri oeh perwakilan dari masing-masing upt yang berada di wilayah Yogyakarta.

Acara dibuka oleh Karliansah selaku Dirjend PPKL, berpesan supaya tidak menutup diri, “jangan sombong jadi orang, harus mau bertanya pada ahlinya, dan jangan sampai dipuusingkan sendiri”. Didalam era industry 4.0 pemerintah mendorong untuk lebih mandiri, lebih kreatif, lebih bertanggung jawab dan berani mengambil keputusan. Oleh karena itu akan diberlakukan pemangkasan birokasi dan mengarahkannya menjadi Jabatan Fungsional. Meskipun masih ada beberapa jabatan strukturan, seperti kepala satker, satu Kabag dan Satu Kabid.

Edy subagyo selaku kepala P3E Jawa memaparkan kondisi jumlah kepegawaian yang ada, baik PNS, maupun Non PNS. Harapan yang disampaikan didalam kebijakan penataan dan transformasi jabatan fungsional yang dilaksanakan di jogja, selain jogja berhati nyaman, semoga perubahan yang seperti apa yang disampaikan oleh menpan juga membawa kenyamanan hati. “acara ini yang ditunggu-tunggu untuk kelembagaan P3E Jawa kedepan, acara yang dilaksanakan di jogja ini, semoga membawa swasana nyaman dihati kita bersama, sebagaimana falsafah jogja berhati nyaman”.

Ada 4 sistematika yang disampaikan oleh Abdul Hakim dari KLHK, (1) capaian kinerja KLHK 2015-2019, (2) Manadatory Kementerian LHK, (3) Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2020-2024, (4) kelembagaan Kementerian LHK 2020-2024. Sebagai kementerian yang mengalami penggabungan antara kementerian lingkungan hidup dan kementrian kehutanan, KLHK mengemban mandatory 10 (Sepuluh) Undang Undang : UU No.5 Th 1990, tentang konservasi sumber daya alam dan ekosystemnya, UU 41 Th 1999 tentang Kehutanan, UU No.18 Th.2008 tentang pengelolaan sampah, UU 32 Th 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, UU No18 th 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan, UU No.23 Th 2014 tentang Pemerintah Daerah, UU No 37 Th 2014 tentang konservasi tanah dan air, UU No.16 Th.2016 tentang pengesahan paris agreement to the united nations framework convention on climate change,  UU No.11 Th.2017 tentang pengesahan minamata convention on mercury, dan UU No.11 Th.2019 tentang Sistem Nasional IPTEK.

KLHK pada tahun 2020-2024 akan memberikan sumbangan langsung bagi serapan tenaga kerja, investasi dan pemerataan wilayah, melalui 4 pilar. Pilar lingkungan, pilar ekonomi, pilar social, dan pilar tata kelola. “tata kelola dan inovasi pembangungan yang semakin berdaya saing” kata abdul hakim.

Menjawab tantangan pemerintah berbasis digital sebagaimana arahan presiden adalah era revolusi industry 4.0, Menpan menjawab tantangan merubah mindset PNS menjadi SDM yang pekerja keras, dinmis, terampil dan menguasi iptek. Didalam penyederhanaan birokasi menpan akan melakukan pemangkasan eselonisasi, peralihan jabatan strukturan ke fungsional dan kemudian focus pada tujuan pembangunan dan investasi lapangan kerja.

“ yang terpenting persiapkan penyesuaian, pola mindset, pola karier, rentang kendali, sekolah kader, dan kepemimpinan manajerial” pesan dari aba subagja. (sdq)


Banner
  • e-IKLH
  • PPID
  • Pengaduan Menteri LHK
  • APRS Yogyakarta
  • Asian Games Jakarta Palembang 2018
  • Pertikawan 2018
 
Hubungi Kami

ppejawa.com
Jl. Siliwangi (Ringroad Barat) No.100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
Phone : 0274-625800
Email : humasp3ejawa@gmail.com

 
Jajak Pendapat

Apa yang anda cari?

 Artikel
 Lainnya
 Agenda

Hasil Poling »

 
Statistik Kunjungan
 
Video
 
Facebook
 
Copyright © 2015 P3E Jawa All Rights Reserved.