Bookmark and Share

BERITA

MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM PESISIR BANYUWANGI BERDASAR PADA JASA LINGKUNGAN

22 Desember 2019, 21:23:26 - Berita - Hits : 174 - Posted by admin

Kasus pantai Boom, muara sungai Kaliko

 

Yogyakarta, Sungai Kaliko merupakan hilir dari sun DAS Sukowidi yang merupakan bagian dari wilayah kerja DAS Sampeyan. Berdasarkan data yang dimiliki P3E Jawa, bahwa lokasi mangrove tersebut merupakan satuan ekoregioan dataran pantai utara (fluvial marine). Gambaran kondisi alamnya adalah  :

  1. Karakteristik geologinya adalah kawasan pesirnya tersusun atas material aluvium lempungan, dengan beberapa lokasi tersusun atas batuan beku vulkanik.
  2. Karakteristik geomorfologinya adalah kondisi topografi berupa dataran, dengan morfologi atau relief datar, dan kemiringan lereng secara umum 0-3%, pada beberapa lokasi agak miring (3-8%). Pantainya terbentuk oleh proses pengendapan marin (gelombang) yang berkerja sama dengan aliran sungai (fluvial) yang bermuara ke laut.
  3. Karakteristik hidrologi dikontrol oleh aliran sungai-sungai dengan debit aliran dan beban sedimen yang tinggi, khususnya pada musim penghujan, dan kondisi air tanah pada umumnya berasa payau hingga asin, yang hampir merata di seluruh satuan dataran pantai yang berlumpur (endapan aluvium). Dengan kondisi pantai yang berpasir, kondisi hidrologi dikontrol oleh input air hujan saja, membentuk akuifer lokal dengan potensi airtanah tawar yang relatif rendah.
  4. Karakteristik tanah dan penggunaan lahan umumnya berupa tanah-tanah ‘Grumusol atau Vertisol’. Pemanfaatan lahan secara umum berupa pertanian, perikanan tambak, hutan mangrove, permukiman (kota), dan industri. Sementara pada daerah yang tersusun atas batuan beku, umumnya tanah-tanah yang terbentuk masih muda dan kurang berkembang, seperti tanah ‘Regosol’ dengan tekstur pasiran dan kurang subur, sehingga umumnya dimanfaatkan sebagai kawasan wisata alam.
  5. Karakteristik flora dan faunanya adalah  Ekosistem Hutan Mangrove, ikan, ular, kera ekor panjang, dan burung
  6. Karakteristik social budaya masyarakatnya sebagian besar masyarakat industri, pedagang, dan nelayan, dengan pertumbuhan penduduk tinggi, dan kebanyakan usia produktif.

 

Karakteristik kerawanan terhadap lingkungannya adalah bahwa Lingkungan relatif rentan terhadap pencemaran perairan sungai akibat limbah domestik (perkotaan) dan industri, sedangkan saat kemarau menjadi kering mutlak dan retakretak, drainase permukaan buruk, dan mudah menjebak pencemar, sehingga menyebabkan lingkungan kumuh dan kotor, yang pada akhirnya menimbulkan wabah penyakit, seperti: malaria, penyakit saluran pencernakan, penyakit kulit, dan ISPA saat kemarau.

 

Berdasarkan data yang dimiliki P3E Jawa, maka pantai boom, muara sungai kaliko memiliki D3TLH yaitu hutan mangrove kerapatan sedangf, kelas pangan sedang, sumberdaya genetic tinggi dan biodevvirsuty tinggi.

 

Memperhatikan kondisi karakteristik satuan ekoregion, karakteristik kerawanan lingkungan pada dataran pantai (fluvial marine) tersebut, serta memperhatikan daya dukung daya tampung SDALHnya, maka arahan pengembangan merujuk pada jasa lingkungan/ekosistem berikut ini :

  1. Jasa penyedia pemanfaatanya pengembangan lahan tambak bandeng, udang, dan garam
  2. Jasa pengaturan penyerapan karbon, pemelihara siklus air, dan keanekaragaman hayati dalam ekosistem hutan mangrove
  3. Jasa budaya pengembangan pendidikan dan estetika lingkungan
  4. Jasa pendukung perlindungan plasma nutfah dan habitat mangrove (GSW)

 

Hutan mangrove kerapatan sedang

dataran pantai fluvial marine

D3TLH kelas pangan sedang

D3TLH sumberdaya genetic tinggi

D3TLH biodevirsity tinggi

Wilayah sub DAS Sukowidi pada wilayah kerja DAS Sampeyan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAS dan Penutup lahan Kab. Banyuwangi

D3TLH untuk tempat tinggal dan ruang hidup

 


Banner
  • e-IKLH
  • PPID
  • Pengaduan Menteri LHK
  • APRS Yogyakarta
  • Asian Games Jakarta Palembang 2018
  • Pertikawan 2018
 
Hubungi Kami

ppejawa.com
Jl. Siliwangi (Ringroad Barat) No.100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
Phone : 0274-625800
Email : humasp3ejawa@gmail.com

 
Jajak Pendapat

Apa yang anda cari?

 Artikel
 Lainnya
 Agenda

Hasil Poling »

 
Statistik Kunjungan
 
Video
 
Facebook
 
Copyright © 2015 P3E Jawa All Rights Reserved.