Bookmark and Share

BERITA

TAKUT pada BLANGKON, malah ramaikan blankON

06 November 2019, 16:01:37 - Berita - Hits : 168 - Posted by admin

Kenapa kita lebih suka memakai jas hitam berpeci ketimbang beskap yang berblangkon ?

ber-budaya dahulu  atau ber-lingkungan dulu ?

 

Tumakninah-Lah

Satukan karya dan bersenandung-Lah Kidung Mocopat.

 

Orang Jawa, sudah pasti tidak akan merasa asing lagi bila ditanya tentang Blangkon. Penutup kepala yang dipakai orang jawa dan identik dengan adat istiadat.  

 

BlankOn merupakan salah satu pengembangan Linux yang berisikan perangkat lunak (software) dan digunakan untuk menjalankan/mengoperasikan komputer desktop, laptop, dan workstation. Pengembangan software ini sangat cocok untuk Indonesuia karena dipadukan dengan pernak–pernik khas Indonesia,

Dua hal itu yang akan menunjukkan pilihan setiap SDM dalam menjalani industri. Apabila memilih pindah ke industri 4.0, modal P3E Jawa bisa dibilang relatif memiliki SDM yang memadai, namun masalahnya terletak pada pemerataan. Kita bisa lihat di beberapa daerah di Jawa dalam bertani, beternak dan berindustri wisata masih menggunakan cangkul, sapi maupun kertas/buku. Hal ini diartikan bahwa di Jawa sekalipun masih terdapat beberapa daerah yang belum mendekati Industri 4.0, bahkan para pelaku industri pariwisata/agraris pun tidak semuanya menguasai komputer. Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah banyaknya pelaku industri diperkirakan akhirnya akan menjadi penonton karena masuknya industri ini akan memangkas tenaga manusia dengan kemampuan SDM rendah

Istilah Blangkon adalah representasi bagaimana ber-industri didominasi menggunakan kaidah-kaidah budaya sedangkan blankON lebih pada mengedepankan teknologi informasi alias industri 4.0 (pabrik cerdas).

Sebagai umat yang beragama, untuk menyikapi hal itu tentu kita mengenal adanya istilah tumakminah atau berhenti sejenak, duduk diantara dua sujud.

 

 

 

Rabbighfirlii (Tuhanku ampunilah aku)
Warhamnii (sayangilah aku)
Wajburnii (Tutuplah aib-aibku)
Warfa’nii (Angkatlah derajatku)
Warzuqnii (Berilah aku rezeki)
Wahdinii (Berilah aku petunjuk)
Wa’Aafinii (Sehatkanlah aku)
Wa’fuannii (Maafkanlah aku)

 

Jikalau kita bisa mengamalkan apa yang ada dalam isi doa tumakninah tersebut, yakin dan percayalah Indonesia Maju. 

mau Kemana SDM P3E Jawa ?

Kalaupun kita memilih sebagai Blangkon, tentu kita harus tetap ber-Karya atau orang jawa menyebutnya karyo.  Makna dari kata karyo adalah hasil buah dari rasa, karsa dan cipta sehingga muncul dalam perbuatan lahir, sebagai seorang manuasia yang beragama, maka karya atau perbuatan ini harus kita sirnakan dari pandangan dan pengakuan kita atau orang lain, tapi tidak berhenti selalu berkarya (diniati sebagai ibadah), sehingga gerak perbuatan kita serasa betul-betul tidak memerlukan pengakuan apapun, dari siapapun atau bisa juga disebut  dengan ikhlas.

 

Hal itu juga diperkuat dengan ajaran Ber-Budaya Jawa yang memperkenalkan kidung mocopat, kata macapat sendiri berarti maca papat-papat (membaca empat-empat). Kalo berdasarkan jenis dan urutannya 11 (sebelas) kidung macapat ini sebenarnya menggambarkan perjalanan hidup manusia, tahap demi tahap kehidupan manusia dari mulai alam ruh (kidung maskumambang atau ruh yang ditanamkan dalam rahim ibu) sampai pada alam kematian (kidung pocung atau dibungkus mori putih ).

 

Sedangkan industri 4.0 (pabrik cerdas) pada dasarnya proses roso, karso, cipto pada kidung dhandhanggulo, yaitu digambarkan dari sisi kehidupan yang telah mencapai tahap kemapanan sosial, kesejahteraan telah tercapai, cukup sandang, papan dan pangan.

 

di era Industri 4.0, mari segenap SDM P3E Jawa senantiasa untuk Berpikir Keras Bekerja Cerdas guna mencapai tujuan pengendalian pembanguan di Ekoregion Jawa.


Banner
  • e-IKLH
  • PPID
  • Pengaduan Menteri LHK
  • APRS Yogyakarta
  • Asian Games Jakarta Palembang 2018
  • Pertikawan 2018
 
Hubungi Kami

ppejawa.com
Jl. Siliwangi (Ringroad Barat) No.100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
Phone : 0274-625800
Email : humasp3ejawa@gmail.com

 
Jajak Pendapat

Apa yang anda cari?

 Artikel
 Lainnya
 Agenda

Hasil Poling »

 
Statistik Kunjungan
 
Video
 
Facebook
 
Copyright © 2015 P3E Jawa All Rights Reserved.