Bookmark and Share

BERITA

MEMBANGUN BUDAYA LINGKUNGAN HIDUP “Anak Rambut Gimbal”

06 November 2019, 15:55:01 - Berita - Hits : 119 - Posted by admin
MEMBANGUN BUDAYA LINGKUNGAN HIDUP “Anak Rambut Gimbal”

DI PEGUNUNGAN VULKANIK DIENG

LESS WASTE EVENT Dieng Culture Festival

 

 

Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pengembangan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010 – 2025 menyebutkan bahwa Kawasan Dieng dan sekitarnya merukpakan bagian dari Destinasi Pariwisata Nasional (DPN) dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

P3E Jawa memiliki tupoksi melakukan pengendalian pembangunan di wilayah ekoregion jawa, salah satunya adalah pembangunan sektor pariwisata, dalam hal ini adalah kawasan wisata Dieng dan sekitarnya.

 

Pada lampiran IV PP tersebut juga mengisyaratkan bahwa area kebijakan 5 pada indikasi program pembangunan pariwisata adalah pengembangan tanggungjawab terhadap lingkungan.

 

Dieng Culture Festival (DCF) yang dilaksanakan di Dataran Tinggi Dieng, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah merupakan agenda tahunan kebudayaan masyarakat dieng bersama Disparbud Banjarnegara. (Tahun 2019 dilaksanakan pada tanggal 2 s.d 4 agustus 2019 dan pelaksanaan kegiatan yang ke-10).

Adapun agenda acara DCF adalah menampilkan beragam acara kesenian dan budaya diantaranya mulai aksi dieng bersih, kirab budaya, pentas seni tradisional, sholawatan, pagelaran music jazz di atas awan, pemotongan rambut gimbal dan pelepasan lampion.

 

Dari beberapa rangkaian pelaksanaan kegiatan tersebut, bahwa terdapat potensi resiko/dampak terhadap lingkungan hidup berupa pencemaran dan kerusakan lingkungan, yaitu (1) timbulan sampah; (2) kebakaran lahan/hutan dari kegiatan pelepasan lampion ke udara; (3) polusi udara dari kendaraan bermotor dan debu.

Berkaitan dengan hal itu, maka P3E Jawa melakukan hal-hal berikut ini :

  1. Berkoordinasi aktif menyampaikan pendapat, saran dan masukan langsung kepada Disparbud (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan) dan DPKPLH (Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup) Kabupaten Banjarnegara serta panitia pelaksana DCF pada tanggal 4 Juli 2019;
  2. Berkoordinasi aktif dengan penyampaian pendapat, saran dan masukan pada saat pertemuan pleno ke-2 pelaksanaan DCF pada tanggal 16 Juli 2019;
  3. Berkoordinasi tertulis dengan menyampaikan saran dan masukan kepada panitia pelaksana dan Disparbud Banjarnegara melalui surat pada tanggal 25 Juli 2019;
  4. Memastikan pelaksanaan DCF tanggal 2 s.d 4 Agustus 2019 tidak mengakibatkan terjadinya resiko/dampak lingkungan dengan melakukan pemantauan dan pendampingan  di lapangan pada saat pelaksanaan kegiatan.

 

Berdasarkan koordinasi yang dilakukan P3E Jawa dan hasil pengamatan langsung di lokasi pelaksanaan kegiatan DCF pada tanggal 2 s.d 4 Agustus 2019, maka dapat kami laporkan bahwa :

  1. Pelaksanaan kegiatan DCF tidak menimbulkan resiko/dampak terhadap lingkungan.
  2. Pendapat, saran, masukan P3E Jawa baik yang disampaikan secara langsung maupun  tertulis selama persiapan kegiatan DCF, pada dasarnya seluruh pendapat, saran, masukan P3E Jawa mendapat perhatian oleh panitia dan jajaran Pemerintah Daerah Banjarnegara.

Adapun detail langkah-langkah yang dilakukan panitia berdasarkan pendapat, saran, masukan yang diberikan dapat digambarkan berikut ini :

  1. Pengelolaan sampah

a)    Mendirikan posko pengelolaan sampah

Lokasi posko didirikan di pintu masuk area panggung utama lapangan pandawa. Posko ini terdiri dari :

-      Tenda utama pengelolaan sampah sebanyak 2 (dua) unit dengan ukuran 6 meter x 6 meter

-      Tenda pendukung untuk mengumpulkan sampah (TPS) sebanyak 1 (satu) unit dengan ukuran 3 meter x 3 meter  

Tenda tersebut dikendalikan oleh panitia dan digunakan oleh para relawan dieng bersih dan penggiat lingkungan untuk melakukan koordinasi dalam pengelolaan sampah dan menerima sampah yang dibawa oleh pengunjung.

 

b)    Mendirikan stand edukasi/couching clinic 

Stand/tenda ini merupakan sarana untuk melakukan konsultasi dan edukasi pengelolaan sampah. Adapun ukuran tenda nya adalah 3 meter x 3 meter. Didalam tenda juga terdapat beberapa contoh hasil daur ulang sampah. Stand ini didirikan di lokasi/arah masuk lapangan pandawa bergabung dengan stand lainya, adapun pengendalianya oleh DPKPLH Banjarnegara dan digunakan oleh penggiat lingkungan dan Bank Sampah Banjarnegara.

a)    Memasang baliho, spanduk, pamflet, poster tata tertib dieng bersih.

Secara fisik cara tersebut diatas dilakukan panitia untuk meningkatkan partisipasi dan mengedukasi pengunjung dalam pengelolaan sampah adalah dengan memasang atribut-atribut tersebut pada lokasi-lokasi strategis. Lokasi pemasangan adalah di setiap pintu masuk area, pinggir jalan, stand pameran, kios dan lain-lain.

a)    Melibatkan penggiat lingkungan dan relawan kebersihan

Penggiat lingkungan dan relawan yang terlibat berasal dari berbagai kota di Indonesia. Total orang yang terlibat adalah 300 orang. Adapun mekanisme kerja yang dilakukan adalah :

-      Tim relawan dibagi menjadi 3 (tiga) regu, yaitu regu pagi, siang dan malam;

-      Cakupan yang dikerjakan tim adalah area lokasi DCF, yaitu lapangan Arjuna dan Lapangan Pandawa.

-      Aktifitas relawan dimulai dari posko sampah, selanjutnya membawa perlengkapan yaitu sapu/serok/kantong plastic besar/trashbag dan berkeliling lapangan, setelah sampah yang terkumpul dalam kantong maka relawan akan mengumpulkan ke posko sampah kembali. Menjelang pergantian regu, maka regu sebelumnya meindahkan kantong plastic (yang berisi sampah) ke TPS.

Khusus untuk penggiat lingkungan/bank sampah, setiap hari melakukan edukasi interaktif di dalam tenda pendukung/edukasi.

b)    Melakukan pengangkutan sampah setiap hari

Setiap akhir kegiatan pada hari tersebut (pengunjung sudah sepi), kantong-kantong plastic tersebut akan diambil armada truk sampah untuk diangkut dan dibuang di TPA kawasan Dieng.

c)    Melakukan sosialisasi dan pengumuman melalui posko informasi

Setiap 1 (satu) jam sekali, disiarkan pengumuman untuk mendukung pelaksanaan dieng bersih dan membuang sampahnya di tempat yang sudah disediakan panitia.

  1. Pengendalian pelepasan lampion ke udara

Pelaksanaan pelepasan lampion dimulai pukul 23.00 s.d 00.30 (tidak sesuai jadwal yang ditentukan). Adapun lokasi pelepasan lampion adalah di lapangan Arjuna dan Lapangan Pandawa (tidak sesuai rencana panitia). Dari kedua lokasi tersebut, lampion yang dilepaskan ke udara hanya sekitar 50% atau sekitar 2000 unit. Hal ini disebabkan oleh : (1) kondisi suhu pada saat pelepasan lampion berkisar sekitar 3 derajat sehingga membuat beberapa pengunjung mengurungkan niatnya untuk mengikuti agenda pelepasan lampion ke udara dan memilih kembali ke tenda/penginapan; (2) terdapat lampion yang tidak berhasil terbang ke udara karena alasan teknis dan suhu yang ekstrim tersebut. Adapun hal-hal yang dilakukan dalam pengendalian resiko/dampak pelepasan lampion adalah :

a)    Melakukan sosialisasi setiap jam sekali melalui posko informasi bahwa pelepasan lampion dilakukan sesuai ketentuan yang ditetapkan panitia, dan apabila terdapat pengunjung yang tidak menaati ketentuan tersebut, maka akan dilakukan penindakan oleh panitia. Ketentuan tersebut adalah (1) dilakukan di lapangan pandawa; (2) dilakukan serentak dan bersama sama sesuai aba-aba dari panitia.

b)    Menyiapkan tim pemadam kebakaran di ruas jalan/pinggir lapangan pandawa (terminal aswatama) yang didukung oleh tim RAPI dan SAR.

  1. Pencemaran udara

Pengendalian pencemaran udara yang dilakukan adalah dengan mengendalikan arus lalu lintas di sekitar lokasi kegiatan, yaitu (1) jalan di sekitar kawsan dibuat searah dan berkeliling kawasan sehingga trip yang harus dilalui kendaraan bermotor relative panjang; (2) menindak kendaraan yang terparkir sembarangan di bahu jalan; (3) menyediakan kantorng-kantong parkir yang memadai.


Banner
  • e-IKLH
  • PPID
  • Pengaduan Menteri LHK
  • APRS Yogyakarta
  • Asian Games Jakarta Palembang 2018
  • Pertikawan 2018
 
Hubungi Kami

ppejawa.com
Jl. Siliwangi (Ringroad Barat) No.100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
Phone : 0274-625800
Email : humasp3ejawa@gmail.com

 
Jajak Pendapat

Apa yang anda cari?

 Artikel
 Lainnya
 Agenda

Hasil Poling »

 
Statistik Kunjungan
 
Video
 
Facebook
 
Copyright © 2015 P3E Jawa All Rights Reserved.