Bookmark and Share

BERITA

Sambangi Jawa Tengah,

06 November 2019, 15:08:48 - Berita - Hits : 155 - Posted by admin
Sambangi Jawa Tengah,

P3E Jawa Garap Rumusan Rencana Pengelolaan Sektor Kelautan pada Satuan Ekoregion Vulkanik dan Danudesial.

 

Sleman (9/9), Sejumlah daerah yang memiliki laut di Jawa Tengah dikumpulkan P3E Jawa untuk mengikuti pertemuan FGD Kamis (5/9) lalu di DLHK Jawa Tengah untuk mengidentifikasi permasalahan, isu strategis, potensi dan pengelolaan sektor kelautan dengan memperhatikan pengelolaan sampah di kawasan pesisir  laut di Provinsi Jawa Tengah. “Pengelolaan sampah menjadi salah satu indicator target pengendalian pembangunan dalam perlindungan dan pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) dan Lingkungan Hidup selain adanya Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH), dengan demikian pemanfaatan sumber daya kelautan dilakukan berdasarkan kaidah tujuan pembangunan berkelanjutan.” Ujar Sugeng Wachyono Kepala Bidang Perencanaan Pengelolaan Sumber Daya Alam Lingkungan Hidup P3E Jawa.

 

Kenapa harus sampah yang menjadi target dalam pengelolaan SDA sektor kelautan pada kajian ini Sugeng menjelaskan bahwa target dasarnya adalah IKLH, namun selain mendukung Gerakan Reolusi Mental (GNRM) kedua yaitu Menuju Indonesia Bersih 2025 juga sekaligus mendorong percepatan pencapaian misi ke 6 RPJPN yaitu INDONESIA ASRI DAN LESTARI PADA TAHUN 2025 dengan nentuk konkrit yang diharapkan adalah pemanfaatan  SDA berkelanjutan, kualitas Lingkungan Hidup tinggi, ketahanan pangan & energi tercapai dan masyarakatnya berkesadaran tinggi

“Penerapan konsep pembangunan berkelanjutan (sustainable development), yang memadukan aspek lingkungan hidup, sosial budaya dan ekonomi ke dalam strategi pembangunan untuk menjamin keutuhan lingkungan hidup serta keselamatan, kemampuan, kesejahteraan, dan mutu hidup generasi masa kini dan generasi masa depan, maka sebagai konsekuensinya kebijakan pembangunan harus dijiwai dengan upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup dan mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan sebagaimana tercermin dalam UU PPLH.” Ungkap Teguh Dwi Paryono Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah kepada para peserta FGD.

 

Hadir dalam pertemuan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten/Kota, Bappeda, Dinas Kelautan dan Perikanan serta Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan wikayah Timur, Barat dan Selatan Jawa Tengah.

Kepala DLH Batang, Pekalongan, Kota Semarang, Pati, Demak, Purworejo, Cilacap mengungkapkan bahwa sampah yang berada di pesisir laut mereka dominan dikirim dari daerah atas wilayahnya, sehingga pemanfaatan sumber daya kelautan yang ada akan terganggu dengan adanya sampah tersebut.

 

Kondisi Pesisir laut utara Jawa Tengah didominasi oleh satuan ekoregion Danudesial, sedangkan pesisir selatanya didominasi oleh satuan ekoregion vulkanik. Hal ini tentunya menyebabkan daya dukung daya tampung lingkungan hidup (D3TLH) sumberdaya alamnya juga berbeda, sehingga pemanfaatan SDAnya juga tidak bisa sama, serta pola penanganan sampahnya juga berbeda.   

 

Sejalan yang dilakukan kabupaten lainya di Jawa Tengah, seperti Wonogiri dalam rancangan dokumen RPPLH menetapkan target IKLH nya sampai 2049 pada kategori cukup atau angka 66,00 s.d 74.00, maka pemanfaatan SDA di kabupaten yang memiliki wilayah pesisir laut juga berdasarkan dokumen RPPLH dengan menargetkan hal yang sama ditambah dengan instrument pengendalian lainnya seperti kebijakan strategi daerah pengelolaan sampah yaitu menargetkan tahun 2025 pengurangan sampah 30% dan penanganan 70%. 

 

Rumusan yang digagas P3E Jawa pada pertemuan FGD tersebut selanjutnya pada tahun 2020 akan dijadikan sebagai bahan penyusunan Rencana Pengelolaan SDA LH sektor kelautan khusunya di Jawa Tengah atau pada karakteristik satuan ekoregion Vulkanik dan Danudesial dengan masa pakai 5 tahun. (GSW)


Banner
  • e-IKLH
  • PPID
  • Pengaduan Menteri LHK
  • APRS Yogyakarta
  • Asian Games Jakarta Palembang 2018
  • Pertikawan 2018
 
Hubungi Kami

ppejawa.com
Jl. Siliwangi (Ringroad Barat) No.100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
Phone : 0274-625800
Email : humasp3ejawa@gmail.com

 
Jajak Pendapat

Apa yang anda cari?

 Artikel
 Lainnya
 Agenda

Hasil Poling »

 
Statistik Kunjungan
 
Video
 
Facebook
 
Copyright © 2015 P3E Jawa All Rights Reserved.