Bookmark and Share

BERITA

MENJARING PEMBANGUNAN DAERAH,

06 November 2019, 15:04:15 - Berita - Hits : 120 - Posted by admin
MENJARING PEMBANGUNAN DAERAH,

P3E JAWA membawakan Perencanaan Berkesadaran Tinggi

 

 Sleman (04/09), Bentuk konkrit yang diharapkan pada MISI 6 pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Tahun 2025 adalah SDA berkelanjutan, kualitas lingkungan hidup  tinggi, ketahanan pangan dan energi tercapai, masyarakatnya berkesadaran tinggi. Hal itulah yang disampaikan P3E Jawa manakala mengawal setiap daerah yang melakukan penyusunan dokumen Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah atau disebut RPPLHD.

Hal itu juga dilakukan manakala memberi masukan di Wonogiri Senin (02/09) lalu di Kantor Dinas Lingkungan hidup.

 

Dalam draf tertulisnya dokumen RPPLHD yang disampaikan oleh Tim Penyusun menyebutkan bahwa berdasarkan hasil analisis inventarisasi lingkungan hidup dan data satuan ekoregion yang ada, Kabupaten Wonogiri memiliki 8 jasa ekosistem yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jasa ekosistem penyedia pangan, jasa ekosistem penyedia air bersih, jasa ekosistem pengaturan iklim, jasa ekosistem tata aliran air dan banjir, jasa ekosistem pengaturan pencegahan dan perlindungan bencana, jasa ekosistem pengaturan kualitas udara, jasa ekosistem pengaturan budaya fungsi tempat tinggal dan ruang, jasa ekosistem pendukung biodiversity akan menjadi menjadi rujukan perencanaan pembangunan dan pemanfaatan sumber daya alam yang tersedia di Wonogiri. “Data daya dukung daya tampung berbasis jasa ekosistem tersebut juga merupakan hasil kerjasama dengan P3E Jawa beberapa waktu silam.” ujar Wiwik Kepala Seksi Perencanaan dan Kajian Dampak Lingkungan DLH Wonogiri 

 

Pada sisi yang lain, Wiwik menegaskan bahwa Wonogiri juga memiliki 16 isu strategis lingkungan hidup yang datanya diperoleh melalui proses konsultasi public. Namun demikian dalam draf laporan akhir tersebut menyebutkan bahwa pencapaian target/indicator/indeks kualitas lingkungan hidup Wonogiri sampai tahun 2049 adalah pada kategori cukup, yaitu pada kisaran angka 66.00 s.d 74.00.

 

Sejalan dengan apa yang sudah dihasilkan maupun yang sedang dilakukan P3E Jawa, maka Wonogiri  menerima beberapa masukan dari tim yang sengaja hadir pada acara pembahasan laporan akhir RPPLH 2019 s.d 2049 tersebut.

 

Sugeng Wachyono Kepala Bidang Perencanaan Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup mengatakan bahwa Wonogiri harus memiliki andil yang cukup besar untuk menambah kecukupan air di wilayah Provinsi Jawa Tengah, karena berdasarkan data lampiran pada KepmenLHK Nomor SK.297/Menlhk/setjen/PLA.3/4/2019 tentang Penetapan Daya Dukung dan Daya Tampung Air Nasional menunjukkan bahwa kondisi Kecukupan Jasa Lingkungan Hidup Sebagai Penyedia Air di wilayah Jawa Tengah indikasi statusnya adalah Terlampaui. “Waduk Gajah Mungkur yang meupakan penyedia air bagi Sungai Bengawan Solo terletak di wilayah Wonogiri, untuk itu waduk tersebut harus mampu menyediakan air untuk wilayah yang dialirinya termasuk Jawa Timur.” Ujar sugeng.

 

Bahkan sugeng menambahkan bahwa pola Imbal Jasa Air sangat mungkin menjadi salah satu kebijakan dan strategi pelaksanaan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. “dengan kondisi laju sedimentasi waduk saat ini yang tercatat 3,2 juta meter kubik per tahun atau sudah menurun sebesar 1,4 juta meter kubik sejak 2015 lalu,  maka upaya yang telah dilakukan bersama P3E Jawa dapat diteruskan dengan penerapan pola Imbal Jasa Air kepada para penerima manfaat dari air waduk tersebut.” Kata sugeng

 

Pada dasarnya Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kabupaten Wonogiri Tahun 2019 – 2049 harus di dukung oleh (1) komitmen pemerintah daerah terhadap pelestarian fungsi - fungsi lingkungan hidup; (2) kebijakan terhadap pembangunan berkelanjutan; (3) lingkungan hidup sebagai pertimbangan utama pembangunan; (4) peran serta pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha yang aktif; dan (5) menyegerakan penyusunan Peraturan Daerah Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kabupaten Wonogiri (RPPLH) Kabupaten Wonogiri 2019 – 2049 ini sesuai dengan peraturan perundang – undangan. “Kami berharap P3E Jawa akan terus mendampingi penyusunan dokumen ini, bahkan sampai disahkanya RPPLH menjadi Peraturan Daerah tahun 2020 nanti.” Harap Wiwik kepada Tim P3E Jawa. (GSW)


Banner
  • e-IKLH
  • PPID
  • Pengaduan Menteri LHK
  • APRS Yogyakarta
  • Asian Games Jakarta Palembang 2018
  • Pertikawan 2018
 
Hubungi Kami

ppejawa.com
Jl. Siliwangi (Ringroad Barat) No.100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
Phone : 0274-625800
Email : humasp3ejawa@gmail.com

 
Jajak Pendapat

Apa yang anda cari?

 Artikel
 Lainnya
 Agenda

Hasil Poling »

 
Statistik Kunjungan
 
Video
 
Facebook
 
Copyright © 2015 P3E Jawa All Rights Reserved.