Bookmark and Share

BERITA

Pemanfaatan SDA-LH berbasis pada Jasa Milenial

06 November 2019, 15:02:56 - Berita - Hits : 133 - Posted by admin
Pemanfaatan SDA-LH berbasis pada Jasa Milenial

untuk Satuan Ekoregion “vulkanik merapi” Milenial dan Karisidenan Milenial“. 

Sleman (30/8), Pada 1816, Hindia Belanda diserahkan kembali ke tangan Belanda sesuai dengan Konvensi London 1814. Pada zaman ini, diadakan kembali pembentukan keresidenan (residentie dalam bahasa Belanda) dan kabupaten secara resmi, tepatnya saat van der Capellen memerintah. Menurut Peraturan Komisaris Jenderal No, 3 tanggal 9 Januari 1819 yang dimuat dalam Staatsblad No. 16 tahun 1819, dibentuklah dua puluh keresidenan di Pulau Jawa: Banten, Jakarta, Bogor, Priangan, Krawang, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kedu, Yogyakarta, Surakarta, Jepara dan Juana, Surabaya, Pasuruan, Besuki, Banyuwangi, Madura dan Sumenep, Rembang, dan Gresik. Keresidenan-keresidenan ini dikepalai oleh para residen bangsa Eropa. Residen-residen ini membawahi para bupati bangsa pribumi yang mengepalai wilayah kabupaten. Residen pun diberi wewenang untuk menjalankan tugas-tugas dalam bidang administrasi, pemerintahan, fiskal, peradilan, dan kepolisian. Dalam bidang peradilan, perkara besar akan dibawa ke tingkat keresidenan, sedangkan perkara kecil akan dibawa ke tingkat kabupaten.  Pada zaman penjajahan Belanda, seorang residen menjadi penguasa penjajahan tertinggi sekaligus mewakili Gubernur Jenderal Hindia Belanda di wilayah kekuasaannya. Residen pun menjadi wakil dan lambang Pemerintah Hindia Belanda di keresidenannya dengan kekuasaan legislatif, eksekutif, dan yudikatif di tangannya. Dengan itu, kekuasaannya mutlak dan tak terbatas. (http://wikipedia.org)

Bedasarkan UU No. 32 tahun 2009, ekoregion didefinisikan sebagai wilayah geografis yang memiliki kesamaan ciri iklim, tanah, air, flora dan fauna asli, serta pola interaksi manusia dengan alam yang menggambarkan integritas sistem alam dan lingkungan hidup. Ekoregion bisa diartikan sebagai kondisi geografis dari ekosistem yang mengandung arti pola susunan berbagai ekosistem dan proses diantara ekosistem tersebut, yang terikat dalam suatu satuan geografis. Penetapan ekoregion menghasilkan batas (boundary) sebagai satuan unit analisis dengan mempertimbangkan ekosistem pada sistem yang lebih besar (KLH, 2013a). Unsur Karakteristik geografiknya adalah: (a) geologis, (b) fisiografis, (c) vegetasi, (d) iklim, (e) hidrologis, (f) fauna darat dan perairan, (g) tanah, (h) dengan atau tanpa melibatkan pengaruh manusia (misal dampak perubahan penggunaan lahan, dan lain-lain).

Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup harus dimanfaatkan dan digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran dan kesejahteraan dan berdasarkan RPPLH.

Pengendalian pembangunan dalam kerangka transaksi memanfaatkan SDA merupakan budaya menjual dan membeli SDA dalam satu satuan ekoregion dan struktur sosial-budaya masyarakat yang diyakini akan mempengaruhi cara yang bersangkutan berinteraksi secara sosial, budaya dan alamiah ekoregion. Namun demikian, apabila disandingkan menggunakan teori teknologi informasi yaitu teori cyber community/budaya, maka teori ini merumuskan sejauh mana teknologi informasi seperti sosial networking yang berperan serta menciptakan pengendalian pembangunan parsitipatif dengan pembentukan daerah/kelompok baru dalam dunia maya dan menjadi karisidenan baru untuk pengendalian pembangunan yang berbasis pemanfaatan SDA tanpa menjual atau membeli.

Tantangan yang diberikan dan harus dijawab dalam dokumen Rencana Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup P3E Jawa pada saat acara FGD di Boyolali (29/8) adalah (1) bagaimana mengharmonisasikan RPPLH Nasional dan RPPLH Daerah, karena bebrapa pemanfaatan SDA dilakukan oleh komunitas; (2) bagaimana mengarustengahkan konsep dasar pemanfaatan SDA yaitu HINDARI, ADAPTASI atau intervensi TEKNOLOGI; (3) bagaimana menselaraskan antara ber-budaya dan berperilaku lingkungan pada tingkat tapak; (4) bagaimana membawa teknologi yang tidak bersieberangan terhadap budaya local; (5) bagaimana memadu sedapkan satuan ekoregion dan eks karisidenan sebagai langkah tegap menuju INDONESIA mandiri berbudaya. (GSW)


Banner
  • e-IKLH
  • PPID
  • Pengaduan Menteri LHK
  • APRS Yogyakarta
  • Asian Games Jakarta Palembang 2018
  • Pertikawan 2018
 
Hubungi Kami

ppejawa.com
Jl. Siliwangi (Ringroad Barat) No.100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
Phone : 0274-625800
Email : humasp3ejawa@gmail.com

 
Jajak Pendapat

Apa yang anda cari?

 Artikel
 Lainnya
 Agenda

Hasil Poling »

 
Statistik Kunjungan
 
Video
 
Facebook
 
Copyright © 2015 P3E Jawa All Rights Reserved.