Bookmark and Share

BERITA

Eco Office P3E Jawa dan Tantangan Revolusi Industri 4.0

06 November 2019, 15:00:28 - Berita - Hits : 181 - Posted by admin
Eco Office P3E Jawa dan Tantangan Revolusi Industri 4.0

Meselaraskan dokumen UKL/UPL yang dimiliki kedalam Pabrik Cerdas Industri 4.0

Sleman (30/8), Revolusi industri 4.0 bisa menjadi harapan dan tantangan bagi Indonesia, khususnya pada sektor kelestarian lingkungan hidup. Dikutip dalam Greeners.co bahwa Jalal menjelaskan, pengamat tata kelola perusahaan dan ekologi politik dari Thamrin School of Climate Change and Sustainbility, pengertian industri 4.0 di sektor lingkungan ialah di mana semua elemen meningkatkan dan berpihak kepada daya dukung lingkungan.

“Seperti contohnya pada bidang energi. Ketika sudah berbicara tentang industri 4.0 seluruh energi yang dipakai di Indonesia harus sudah memakai energi terbarukan, karena hal ini menjadi suatu peningkatan daya dukung untuk lingkungan dengan tidak lagi mencemari. Namun, belum tentu pelaku industri bisa melakukan hal tersebut. Inilah yang menjadikan industri 4.0 suatu harapan dan tantangan tersendiri bagi Indonesia. Komitmen dan ketaatan pada peraturan sesuai dengan desain revolusi industri 4.0,” ujar Jalal saat ditemui di Jakarta, Selasa (19/02/2019).

Dalam hal ini, eco office P3E Jawa merupakan langkah nyata mendorong terciptanya pemanfaatan sumberdaya sesuai dengan daya dukung dan daya tampung lingkungan atau sesuai dengan kemampuan alam sekitar mendukung perikehidupan karyawan di sekitar lokasi kantor P3E Jawa. Secara teori bisa diartikan bahwa eco office P3E Jawa dilakukan dengan cara mengetahui kapasitas SDM yang ada, sumberdaya yang sudah ada, kegiatan yang dilakukan dan penggunaan ruang serta kemampuan lingkungan sekitar yang ada.

Sehingga dapat dijelaskan bahwa pelaku kegiatan perkantoran yang revolusioner mengacu pada revolusi industry 4.0 dapat dikategorikan dalam 3 tahapan, yaitu redistributif, restoratif dan regeneratif. Pertama, kegiatannya yang bersikap redistributif adalah secara ekonomi aktifitasnya dibagikan ke bawah dan memberikan keuntungan yang lebih besar kepada level bawah. Kedua yaitu kegiatan restoratife berupa kegiatan yang memperhatikan dan memperbaiki mutu lingkungan, sedangkan yang Ketiga yaitu regeneratif berupa kegiatan perkantoran sebagai aktifitas ekonomi ditujukan untuk meningkatkan daya dukung daya tamping lingkungan.

Kenapa begitu ? karena jumlah karyawan dengan aktifitas perkantorannya akan semakin meningkat dan menyesuaikan kondisi jaman, kalo tidak restorative dan memperbaiki lingkunganya, maka akan menyebabkan terganggunya lingkungan hidup.Untuk itu, melalui eco office menjadi gerakan mendukung pemaknaan daya dukung daya tamping  dan terus didorong dengan regenerative yaitu dampak ekonominya juga meningkatkan kualitas lingkungan hidup sekitarnya

Saat ini, P3E Jawa sedang mendokumentasikan aktifitasnya, untuk beralih ke industry 4.0 dengan menerapkan langkah dan tahapan tersebut dalam berkegiatan di kantor melalui perubahan perilaku. Secara tidak langsung bahwa eco office yang kembali digalakkan akan menjawab peringatan kemerdekaan yang ke 74 “SDM UNGGUL INDONESIA MAJU dan sekaligus menciptakan kondisi pemanfaatan SDA di P3E Jawa sesuai dengan dokumen instrument lingkungan hidup sesuai UU 32 Tahun 2009 yaitu UKL/UPL P3E Jawa.

Pipet Bambu menjadi simbul saat Deklarasi Eco Office P3E Jawa juga mengisyaratkan bahwa segenap karyawan mendukung komoditas local untuk kesejahteraan sekaligus memberikan manfaat bagi konservasi air di tanah jawa bahkan yang lebih utama mendorong pengurangan penggunaan pipet plastic yang sekali pakai. Dan sebagian karyawan diberikan Slepen sebagai tempat sampah mini yang mengisyarakatkan bahwa setiap karyawan akan bertanggung jawab menyimpan sampahnya sendiri.

P3E Jawa akan terus bergerak menjelma menjadi kantor yang istimewa berbudaya lingkungan dan ber-SDM Unggul dengan memiliki ISO 9000 dan ISO 14000. (GSW).


Banner
  • e-IKLH
  • PPID
  • Pengaduan Menteri LHK
  • APRS Yogyakarta
  • Asian Games Jakarta Palembang 2018
  • Pertikawan 2018
 
Hubungi Kami

ppejawa.com
Jl. Siliwangi (Ringroad Barat) No.100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
Phone : 0274-625800
Email : humasp3ejawa@gmail.com

 
Jajak Pendapat

Apa yang anda cari?

 Artikel
 Lainnya
 Agenda

Hasil Poling »

 
Statistik Kunjungan
 
Video
 
Facebook
 
Copyright © 2015 P3E Jawa All Rights Reserved.