Bookmark and Share

BERITA

Mengawal Penggunaan Plastik Sekali Pakai

06 November 2019, 14:59:15 - Berita - Hits : 161 - Posted by admin
Mengawal Penggunaan Plastik Sekali Pakai

P3E Jawa Arustengahkan Kebijakan Tahun 2025 Pengurangan Sampah 30% dan Penanganan 70%

 Sleman (30/8), Dengan semangat Menuju Indonesia Maju, P3E Jawa menunjukkan semangat aksinya dengan terus mendukung Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM)  terutama pada Gerakan Indonesia Bersih 2025 melalui pengawalan terhadap pengelolaan sampah plastic.   Hal ini dibuktikan dengan selalu berpartisipasi aktif dalam setiap pelaksanaan kegiatan-kegiatan di wilayah kerjanya menggunakan tajuk “Less Plastik Event”.

 Untuk mempercepat tujuan nasional GNRM, P3E Jawa mengarustengahkan kebijakan nasional tersebut salah satunya adalah pengelolaan sampah pada kegiatan industri dan perdagangan. Hal ini dimaksudkan agar seluruh pelaku industri maupun perdagangan melakukan gerakan bersama-sama pemerintah, masyarakat untuk mengelola sampah dari sejak sumbernya.  Setidaknya mengurangi penggunaan plastic sekali pakai adalah hal yang diharapkan P3E Jawa pada saat mengisi acara Sosialisasi Penggunaan Kantong Belanja Non Plastik yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan di RM Pringsewu Sleman (28/8) lalu. Bahkan hal  itu pun digambarkan Sugeng Wachyono Kepala Bidang Perencanaan Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup P3E Jawa dengan mengejawantahkan kekuatan 5 jari kita yaitu agar bersama-sama menyelesaikan persoalan sampah.  “ibu jari dan jari telunjuk tidak mungkin bisa mengangkat sebuah laptop yang beratnya sekitar 5 kilogram”, ujarnya sambil mempraktekkan mengangkat laptop miliknya.

 Sugeng juga mengatakan bahwa sumber sampah terbesar adalah sampah yang berasal dari rumah tangga yaitu sekitar 62%, dan 15% diantaranya adalah berupa sampah plastik. Secara perlahan, namun pasti apabila melakukan pengelolaannya dengan tidak baik, maka akan menyebabkan antara lain nilai estetika yang negative maupun sumber penyakit sehingga akan menurunkan produktifitas lantas akan membuat pertumbuhan ekonomi stagnan bahkan cenderung menurun.

 “Untuk mengatasinya, maka langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan upaya pengurangan sampah dengan menggunakan kantong belanja bukan plastic dan juga melakukan penanganan sampah”,  kata sugeng.

 Dalam waktu dekat ini, P3E Jawa berencana melakukan pengarustengahan kebijakan pengurangan sampah plastic tersebut lebih dekat lagi kepada para pedagang pasar dengan menggandeng Radio Pasar di Cebongan Sleman. (GSW) 


Banner
  • e-IKLH
  • PPID
  • Pengaduan Menteri LHK
  • APRS Yogyakarta
  • Asian Games Jakarta Palembang 2018
  • Pertikawan 2018
 
Hubungi Kami

ppejawa.com
Jl. Siliwangi (Ringroad Barat) No.100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
Phone : 0274-625800
Email : humasp3ejawa@gmail.com

 
Jajak Pendapat

Apa yang anda cari?

 Artikel
 Lainnya
 Agenda

Hasil Poling »

 
Statistik Kunjungan
 
Video
 
Facebook
 
Copyright © 2015 P3E Jawa All Rights Reserved.