Bookmark and Share

BERITA

600 Siswa SMKN 4 Yogyakarta dapat Pencerahan Lingkungan dari P3E Jawa

19 Juli 2019, 08:48:30 - Berita - Hits : 36 - Posted by shodiq

P3ejawa.menlhk.goid, Sleman. Sekitar 600 siswa baru kelas 1 SMKN 4 Yogyakarta mendapat sosialiasi dan pencerahan lingkungan tentang pengelolaan sampah organik dan unorganik dari Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa atau P3E Jawa, Kamis,18/7/2019.
Sumartinah,SH, M.Hum, Kabid Evaluasi dan Tindak Lanjut P3E Jawa dalam sambutan pembukaan kegiatan ini, mengharapkan agar melalui materi pengelolaan sampah yang disampaikan dapat menambah pengetauan dan wawasan para siswa pada gilirannya dapat menumbuhkan kesadaran dan kencintaannya akan lingkungan.
“Semoga apa yang kami berikan hari ini, adik-adik punya kepedulian terhadap lingkungan agar lingkungan menjadi lebih baik,” harap Sumartinah.
Kegiatan sosialisi pengelolaan sampah ini diawali dengan pengenalan yel-yel lingkungan oleh Tim Publikasi dan moduling P3E Jawa, seperti Salam Lingkungan dan Tepuk Sampah dan lagu-lagu yang bernafaskan lingkungan—Lingkungan Semangatku. Kemudian, dilanjutkan dengan materi pengelolaan sampah (organik dan unorganik) dan pemutaran film lingkungan tentang bahaya sampah plastik yang diselingi quis lingkungan. Hadiahnya, berupa botol minuman (tumbler).
Selain pemutaran film lingkungan dan pengelolaaan sampah, pesan-pesan lingkungan tentang  sampah plastik dan masalah lingkungan lainnya dikemas dalam bentuk permainan lingkungan, seperti Komuni Kata Lingkungan, Ular Tangga Lingkungan, dan Holahop, dan Teklek.
Para siswa pun dengan penuh antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka mengaku senang dengan materi dan permainan yang sampaikan Tim P3E Jawa.
Hanes Dea, misalnya. “Senang mas, banyak manfaatnya, Bisa mengurangi sampah plastik dan  jadi tahu plastik bisa dimanfaatkan kembali,”kata Dea.
Tidak hanya Dea, komentar yang sama pun datang dari Devina Anggita Putri. “Senang sekali mas. Saya ingin generasi saya lebih peduli dengan lingkungan, khususnya sampah plastik. Sebab, kalau kita lihat di film yang tadi diputar, bahaya sampah plastik itu sangat besar, ikan dan penyu pada mati akbat sampah plastik,” tambah,

Meraih Mimpi Besar Lingkungan
Untuk diketahui, SMKN 4 adalah salah satu sekolah Adiwiyata tingkat Kota Yogyakarta. Tahun 2018, sekolah ini mengajukan diri sebagai calaon sekolah Adiwiyata tingkat DIY.
“Hingga saat ini, kami belum dapat kabar apakah terpilih atau tidak. Tapi, kepala sekolah kami menghimbau agar tetap jalan  tanpa harus menunggu karena bagaimana pun sekolah punya kewajiban menanamkan nilia-nilai lingkungan kepada para siswa, “ujar salah seorang guru SMKN 4.
Saat ini SMKN 4 tengah membidik sekolah Adiwiyata tingkat nasional. Untuk mencapai mimpi besar itu, salah satu yang dilakukan sekolah membetuk Tim Duta Wiyata yang anggotanya  21 orang siswa/siswi SMKN 4.
Feni Anggreini, salah satu anggota Tim Adiwiya, mengatakan, “Dalam tim ini ada Tim Duta Wiyata untuk Komposter, Bank Sampah, Biopori, Bank Sampah, dan Daur Ulang Sampah,”jelas Feni.
Tim Duta Wiyata yang baru setahun ini, sejak dibentuk atahun 2018, salah satu tugasnya mewujudkan mimpi besar lingkungan SMKN 4, yaitu meraih predikat sebagai sekolah Adiwiya tingkat nasional.


Banner
  • #AkuKamuKitaSemuaPeduliLingkungan
  • e-IKLH
  • PPID
  • Pengaduan Menteri LHK
  • APRS Yogyakarta
  • Asian Games Jakarta Palembang 2018
  • Pertikawan 2018
 
Hubungi Kami

ppejawa.com
Jl. Siliwangi (Ringroad Barat) No.100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
Phone : 0274-625800
Email : forum.ppejawa@gmail.com

 
Jajak Pendapat

Apa yang anda cari?

 Artikel
 Lainnya
 Agenda

Hasil Poling »

 
Statistik Kunjungan
 
Video
 
Facebook
 
Copyright © 2015 P3E Jawa All Rights Reserved.