Bookmark and Share

BERITA

Dari Kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Sampah SMP N 5 Depok Sleman Yogyakarta

19 Juli 2019, 08:46:18 - Berita - Hits : 44 - Posted by shodiq

P3ejawa.menlhk.goid, Sleman. Aku, Kamu, Kita Semua Peduli Lingkungan. Pekik lingkungan itu menggema dari Aula SMPN 5, Depok, Sleman. Hari itu, sekitar 240 siswa dengan penuh semangat menerikan yel-yel lingkungan, seperti Salam Lingkungan, Tepuk Sampah, yang dikemas dalam permain ice breaking. Yel-yel lingkungan ini mengawali kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah yang dilakukan Tim Publikasi dan moduling Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa (P3E Jawa), KLHK, Rabu, 17/7/2019.

Kegiatan sosialisai inidiisi dengan pemutaran film yang bercerita tentang bahaya sampah plastik  dan pengelolaan sampah organik oleh tim P3EJ. Selain itu, pesan-pesan lingkungan juga dikemas dalam bentuk permainan lingkungan, seperti ular tangga lingkungan, telek, dan  engrang. Kegiatan ini mendapat antusias siswa karena setiap siswa-siswi yang dapat menjawab pertanyaan terkaitmareri pengelolaan sampah dan film lingkungan mendapat hadiah berupa tumbler atau botol minuman dari P3e Jawa.

Dalam sambutanya, Agustin Margi Rahayu Kepala Sekolah SMPN 5, menyampaikan pentingnya menjaga lingkungan. “Lingkungan yang sehat bagian dari hidup kita nantinya,” ujar Agustin Margi Rahayu.
Sementara itu, Sigit Purnomo—Kabag TU Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa, menegaskan bagaiaman sampah saat ini menjadi persoalan bersama semua bangsa, tidak hanya Indonesia.
“Permasalahan sampah dialami negara yg maju dan berkembang dan juga negara berkembang,” kata Sigit Purnomo.
Berdasarkan data, lanjut Sigit,  yang dirilis KLHK tahun 2017, setiap hari Indonesia menghasilkan sampah sebanyak 175 ribu ton sampah. Atau, setara, 6,4  juta ton per tahun. Setiap orang, rata-rata menghasilkan 1,7 kg sampah.
“Sebagai generasi penerus lingkungan, apa yang adik dapat hari ini tentang pengelolaan sampah bisa diterapkan di lingkungan di mana Anda berada,” imbau, Sigit.

Tambah Wawasan Lingkungan

Kegiatan yang berlangsung setengah hari ini rupanya mampu menggugah nurani ekologis dan mendapat respon positip para siswa/i. Salah satu datang dari Sarul. Ia mengaku puas dengan kegiatan ini karena dapat menambah wawasannya tentang lingkungan.
“Kegiatan ini jelas menambah pengetahuan saya karena ternyata sampah itu bisa didaur ulang,” ungkap siswa kelas 7 SMPN 3 ini, bangga.

Selain itu, tambah Sarul, melalui pemutaran film tentang bahaya sampah plastik tadi membuat saya terenyuh dan terpanggil untuk menyelamatkan lingkungan.
Hal senada juga disampaikan Yahya Abdan syukuro. Bagi siswa  kelas 8, kegiatan semacam ini sangat bermanfaat dan dapat menumbuhkan rasa kecintaan saya pada lingkungan.
“Ketika melihat film tadi, saya terenyuh dan jadi tahu bahaya sampah di laut. Kasihan  ikan-ikan dan penyu itu mati karena ulah manusia. Lalu, saya jadi berpikir, bagaimana ya,,, sampah di laut itu bisa diolah atau didaur ulang,” katanya, prihatin.


Banner
  • #AkuKamuKitaSemuaPeduliLingkungan
  • e-IKLH
  • PPID
  • Pengaduan Menteri LHK
  • APRS Yogyakarta
  • Asian Games Jakarta Palembang 2018
  • Pertikawan 2018
 
Hubungi Kami

ppejawa.com
Jl. Siliwangi (Ringroad Barat) No.100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
Phone : 0274-625800
Email : forum.ppejawa@gmail.com

 
Jajak Pendapat

Apa yang anda cari?

 Artikel
 Lainnya
 Agenda

Hasil Poling »

 
Statistik Kunjungan
 
Video
 
Facebook
 
Copyright © 2015 P3E Jawa All Rights Reserved.