Bookmark and Share

ARTIKEL

DANAU SEBAGAI PEYANGGA KEHIDUPAN

01 September 2021, 15:44:34 - Komunikasi Lingkungan - Hits : 439 - Posted by admin-uut
DANAU SEBAGAI PEYANGGA KEHIDUPAN

p3e jawa.com (16/2). Danau merupakan salah satu sumber daya alam yang memiliki berbagai nilai tinggi, seperti sebagai siklus hidrologi air, penampung air, dan penyimpan air, serta bermanfaat sangat vital bagi kehidupan (manusia, hewan dan tanaman).

Danau juga tak hanya sebagai badan air atau penyimpan air namun juga sebagai daerah tangkapan air, merupakan bagian dari daerah aliran sungai yang pengelolaannya memerlukan kerarifan lokal dari masyarakat.

Di sisi lain, kerusakan ekosistem danau, antara lain peningkatan sedimentasi, peningkatan intensitas banjir di musim hujan dan kekeringan di musim kemarau, penurunan kualitas air, penurunan keanekaragaman hayati, kegiatan pariwisata, kegiatan perikanan, berdampak pada kerusakan dan pencemaran lingkungan serta berkontribusi dalam terlampauinya daya dukung dan daya tamping.

Maka dari itu, danau penting untuk diselamatkan, dilindungi, dipulihkan, dan dikelola secara berkelanjutan oleh multipihak.

Nah, berangkat dari hal tersebut Direktorat Pengendalian Kerusakan Penyelamatan Danau, KLHK, menggagas pertemuan dengan tajuk, “Implementasi Penyelamatan Ekosistem Danau tahun 2021”.

Pertemuan ini dilaksankan secara daring selama tiga hari (16--18/2) yang dihadiri unsur pemerintah daerah, seperti Pertanian, Perikanan dan Kelautan, ATR/BPN, Bappenas, Kemendes, termasuk Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E), akademisi, dan sektor lainnya.

Pertemuan ini bertujuan untuk pemusatan (focusing) kegiatan
Penyelamatan Ekosistem Danau, Peningkatan Sinergi Penyelamatan Ekosistem Danau, dan Evaluasi Implementasi terkait capaian target dan kendala yang dihadapi yang sudah dilakukan secara terpadu oleh beberapa kementerian dan daerah sejak 2011 dan 2018 yang belum optimal.

Adapun agenda yang dibahas selama tiga hari tersebut meliputi 3 aspek yaitu Kebijakan, Fisik dan Sosial Ekonomi.

Harapannya, dari pertemuan ini dapat memberi kontribusi yang signifikan terhadap gerakan aksi penyelamatan ekosistem danau di Indonesia.

Kecuali itu, sebagai bahan masukan bagi perlindungan dan pemulihan danau pada pertemuan internasional sesi 2 dalam waktu dekat ini di Nairobi.*
Penulis: Yustinus Ade


Banner
  • e-IKLH
  • PPID
  • Pengaduan Menteri LHK
  • APRS Yogyakarta
  • Asian Games Jakarta Palembang 2018
  • Pertikawan 2018
 
Hubungi Kami

ppejawa.com
Jl. Siliwangi (Ringroad Barat) No.100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
Phone : 0274-625800
Email : humasp3ejawa@gmail.com

 
Jajak Pendapat

Apa yang anda cari?

 Artikel
 Lainnya
 Agenda

Hasil Poling »

 
Statistik Kunjungan
 
Video
 
Facebook
 
Copyright © 2015 P3E Jawa All Rights Reserved.