Bookmark and Share

Selamat Datang

Pusat Pengendalian Pembangunan (P3E Jawa) memiliki tugas pokok melaksanakan pengendalian pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan di wilayah ekoregion.

Untuk melaksanakan tugasnya, P3E Jawa memiliki 5 (lima) fungsi, yaitu : (1) Penyusunan kebijakan teknis pengendalian pembangunan ekoregion; (2) Pelaksanaan kebijakan teknis pengendalian pembangunan, inventarisasi dan perhitungan daya dukung dan daya tampung sumber daya alam dan lingkungan hidupdi wilayah ekoregion; (3) Pelaksanaan perencanaan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidupdi wilayah ekoregion; (4) Pelaksanaan evaluasi dan tindak lanjut pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidupdi wilayah ekoregion;dan (5) Pengelolaan urusan tata usaha dan rumah tanggaPusat.

Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, arah, tujuan dan kebijakan pelaksanaan pengendalian pembangunan di ekoregion jawa adalah untuk mendukung pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan nasional pada 9 (sembilan) sektor pembangunan yaitu (1) Hutan dan Hasil Hutan; (2) Pertambangan; (3) Energi; (4) Pertanian; (5) Kelautan; (6) Transportasi; (7) Manufaktur; (8) Industri; dan (9) Jasa.

P3E Jawa adalah unsur penunjang pelaksanaan tugas kementerian yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada menteri melalui Sekretaris Jenderal. Sebagai bagian tim kerja dalam lingkup Setjen, P3E Jawa memiliki peran ganda yaitu pertama melaksanakan dukungan manajemen. Kedua, P3E Jawa juga melaksanakan tugas teknis lainnya.
Melaksanakan dukungan manajemen karena mengelola satuan kerja mandiri dengan lingkup wilayah kerja di ekoregion jawa meliputi 6 provinsi, 119 kabupaten/kota, dan sekurangnya 37 Unit Pelaksana Teknis KLHK, serta mitra kerja lainnya.
Melaksanakan tugas teknis lainnya karena berhubungan kerja secara horisontal dengan satuan kerja, sektor, dan daerah. Selain itu, juga berhubungan secara vertikal atau di atasnya dalam melaksanakan pengendalian pembangunan pada 9 sektor melalui pencapaian sasaran strategis dalam program-program yang menyebar pada berbagai satuan kerja (baca; Ditjen, Sektor, Daerah).
Dengan demikian, P3EJ sejatinya mengemban amanat yang sangat strategis dan tinggi beban kerjanya, sehingga suatu keharusan didukung dengan komitmen tinggi, integritas, dedikasi, kapasitas, dan kompetensi sumberdaya (manusia, sarana prasarana, kelembagaan, penganggaran) yang benar-benar memadai.

Tiga sasaran srategis nasional yang harus dicapai pada kurun waktu 2015-2019 yaitu (1) Menjaga kualitas lingkungan hidup, melalui peningkatan daya dukung lingkungan, ketahan air dan kualitas kesehatan masyarakat. Indikator keberjhasilannya ditandai dengan peningkatan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup nasional pada kondisi kisaran 66,5-68,6; (2) Memanfaatkan potensi sumberdaya hutan dan lingkungan hidup secara lestari, untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan. Peningkatan kontribusi sumberdaya hutan dan lingkungan hidup terhadap devisa dan pendapatan negara bukan pajak (PNBP) merupakan indikator keberhasilannya; (3) Melestarikan keseimbangan ekosistem dan keanekaragaman hayati serta sumberdaya alam dengan indikator keberhasilannya peningkatan Derajat Keberfungsian Ekosistem.

 

 

 

Banner
  • #AkuKamuKitaSemuaPeduliLingkungan
  • e-IKLH
  • PPID
  • Pengaduan Menteri LHK
  • APRS Yogyakarta
  • Asian Games Jakarta Palembang 2018
  • Pertikawan 2018
 
Hubungi Kami

ppejawa.com
Jl. Siliwangi (Ringroad Barat) No.100 Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta
Phone : 0274-625800
Email : forum.ppejawa@gmail.com

 
Jajak Pendapat

Apa yang anda cari?

 Artikel
 Lainnya
 Agenda

Hasil Poling »

 
Statistik Kunjungan
 
Video
 
Facebook
 
Copyright © 2015 P3E Jawa All Rights Reserved.